Ingin Sektor Maritim Maju, Ini Saran Mantan Menteri KKP

Rokhmin Dahuri, Ketua Bidang Kemaritiman PDIP
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVA.co.id – Ketua Bidang Kemaritiman Dewan Pimpinan Pusat PDIP Rokhmin Dahuri mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan luas 17.480 pulau dan garis pantai sepanjang 81.290 kilometer.

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Selain itu, kawasan pesisir menjadi tempat permukiman paling padat dengan 75 persen. "Laut dan pesisir kita mengandung potensi pembangunan sumber daya yang dapat diperbarui dan tidak diperbarui. Potensi kelautan kita mencapai Rp18 ribu triliun," katanya, dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kemaritiman PDIP, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Minggu 24 April 2016.

Rokhmin juga menjelaskan terdapat 11 sektor yang harus ditingkatkan yaitu sektor perikanan tangkap, budidaya, industri hasil, bioteknologi kelautan, energi dan sumber daya manusia, pariwisata bahari, sumber daya pulau kecil, trans laut, industri jasa maritim dan sumber daya alam kelautan nonkonvensional.

Tukang Parkir yang Minta Uang THR Rp15 Ribu di Minimarket Karawang Minta Maaf

"Kalau sebelas sektor digerakkan dengan profesional, saya perkirakan sepertiga permasalahan bangsa kita ini selesaikan," tutur mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, lanjut Rokhmin, dirinya bersama tim di bidang kemaritiman PDIP siap mendukung dan berdampingan dengan pemerintah untuk mengembangkan lebih jauh sektor kemaritiman.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

"Satu-satunya partai yang punya bidang kemaritiman hanya PDIP. Karena Ketua Umum PDIP (Megawati Soekarnoputri) meyakini bidang kemaritiman bukan hanya keunggulan kooperatif tapi keunggulan kompetitif. Dalam rakornas ini membahas bagaimana menggerakkan poros maritim dunia," ungkap Rokhmin.

 Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta

Jokowi Tebar 'Ancaman' Illegal Fishing di Depan Anggota IMO

Ada 171 negara yang tergabung Organisasi Maritim Internasional.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2016