Arifin Panigoro: Perubahan Politik Nanti 2014

VIVAnews - Bos Medco Group, Arifin Panigoro, menyatakan perubahan politik sebenarnya di Indonesia baru terjadi 2014 nanti. Saat itu, akan muncul calon pemimpin yang benar-benar baru.

“Perubahan politiknya kita tunggu saja nanti di 2014, ketika pemegang perannya bukan yang “4L” – lu lagi lu lagi,” kata Arifin dalam pidato kunci seminar Tantangan & Peluang Bisnis dan Keuangan dalam Gelombang Krisis Ekonomi Global di Universitas Paramadina, Jakarta, Selasa 14 Juli 2009.

2014 itu, kata mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, saatnya muncul generasi baru. Sebuah era kepemimpinan baru. "Saya lebih menaruh harapan pada 2014," kata penyumbang satu lantai penuh di gedung The Energy milik Medco untuk ruang perkuliahan Universitas Paramadina itu.

Arifin sendiri menjelaskan, peranan Indonesia di dunia internasional sebenarnya bukan tugas diplomat saja. Semua pihak ikut berperan termasuk politisi di dalam negeri.

Sementara Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, menyatakan tantangan Indonesia ke depan adalah penyiapan sumber daya manusia yang terbaik. “Untuk mengantisipasi hari esok, negeri ini membutuhkan anak-anak muda terbaik yang memerlukan waktu guna mempersiapkannnya. Karena semuanya perlu proses. Perlu waktu. Jika tidak dipersiapkan, kita kuatir generasi mendatang nanti hanya akan menjadi pemain sampingan, figuran-figuran, dan bukan pelaku utama di dunia internasional,” ujar Anies dalam rilis yang dikirimkan ke redaksi VIVAnews.

Menurut Anies, sebagai negara yang penduduknya mengisi sekitar lima persen populasi dunia, selayaknya banyak orang Indonesia duduk dan berperan di kantor pusat lembaga-lembaga internasional seperti WHO, UNICEF, UNDP, dan sebagainya. “Dulu Indonesia ini adalah salah satu pilar penting di Asia, dan untuk mengembalikan ke posisi itu kita butuh proses yang panjang,” kata Anies.

Selain Arifin, seminar yang membahas perspektif investment, pasar modal dan sektor riil itu menghadirkan pembicara Patrick Walujo (Founder dan CEO Northstar Pacific), Mirza Adityaswara (Kepala Ekonom Bank Mandiri), Felia Salim (Wakil Direktur Bank BNI), Silmy Karim ( Ketua II Bidang Pembinaan Usaha HIPMI) dan Arsyad Rasjid (Presiden Direktur Indika Energy). Seminar yang dihadiri 250-an peserta itu dimoderatori Deputi Rektor Bidang Kerjasama, Pengembangan Bisnis dan Kemahasiswaan Universitas Paramadina Wijayanto, dan Dekan Paramadina Graduate School of Business Sugeng Purwanto.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions
Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi

Indonesia to Host Gymnastics World Championship

Indonesia has won the vote to host the FIG Artistic Gymnastics World Championships. The event will be held next year.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024