Sulit Lawan Stigma Negatif Artis Jadi Politisi

Forum diskusi Perlukah Artis dan Seniman Berpolitik
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA.co.id - Mantan presenter yang kini anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya, mengakui bahwa sampai sekarang masih sulit melawan stigma negatif masyarakat bagi artis dari dunia industri hiburan yang akan maju ke dalam dunia politik.

Blusukan di Mampang, Sandi Dicegat Kiai Berjubah

"Lebih stabil, sayangnya selalu dicibir. Kalimat yang muncul dari politisi sungguhan. Susah melawan lawan stigma, itu tantangan yang besar bagi seniman," kata Tantowi dalam diskusi "Perlukah Seniman Berpolitik?." Acara berlangsung di Ball Room Crowne Plaza Hotel, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu 16 Maret 2016.

Menurut Tantowi, profesi artis memiliki dua kelebihan yang tidak banyak dimiliki orang biasa bahkan politisi, yakni popularitas dan uang yang berlimpah hasil bekerja di dunia hiburan.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

"Enaknya kita tidak perlu terkenal lagi. Bayangkan dengan yang lain-lain, mereka bersusah payah supaya populer. Kalau dibilang kaya, jauh lah kita. Tapi kita punya duit, dari puluhan tahun di bidang seni. Itu jadi modal seniman stabil berpolitik," ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Penyanyi lagu country itu juga mengungkapkan, artis-artis yang masuk ke dunia politik dan menjadi politisi bisa lebih mudah menyampaikan keresahan-keresahan para seniman di dunia hiburan, ketimbang harus berada di luar dunia politik.

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

"Kalau dulu, saya teriak, perubahan itu lama. Kalau sekarang jadi anggota dewan, mitra dengan pemerintah, omongan jadi pedes. Karena bukan omongan Tantowi, tapi omongan rakyat yang dititipkan ke saya. Itu yang buat kami powerfull," kata Tantowi. (ren)


Calon Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat.

Djarot Harap Pendemo Tak Rusak Taman Kota

Demo diminta tidak ditunggangi pihak yang tak bertanggung jawab.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016