Jokowi Bertemu Presiden Palestina Sore Ini

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • dunia.news.viva.co.id

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif yang dimulai hari ini, 6 Maret 2016, di Jakarta Covention Center, Jakarta.

Warga Bandung Sumbang Palestina Rp250 Juta

"Di hari pertama, Presiden Joko Widodo sore nanti dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Pangeran Yordania Prince El Hassan Bin Talal," kata Ari Dwipayana, Tim Komunikasi Presiden.

Malam harinya, Ari menjelaskan, Presiden Jokowi akan menjamu para delegasi dalam acara Welcoming Dinner. Welcoming Dinner diselenggarakan untuk menghormati para Kepala Delegasi Organisasi Kerja Sama Islam.

Konsistensi Indonesia Dukung Perjuangan Palestina

Pada saat melakukan peninjauan mengenai kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah KTT LB OKI, Jumat, 5 Maret 2016, Presiden Jokowi mengatakan bahwa semuanya sudah siap.

"Saya cek kesiapan untuk acara hari Minggu malam dan Senin, sudah siap semuanya," kata Jokowi.

Status Quo Israel-Palestina Tak Bisa Dipertahankan

Presiden juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan KTT LB OKI sebagai bentuk dukungan penuh dan konsisten terhadap Palestina.

"Indonesia dipilih karena termasuk sebagai negara yang damai dan jauh dari konflik-konflik," ucap Presiden.

KTT Luar Biasa OKI itu digelar sebagai respons atas permintaan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Fokus bahasan, situasi darurat yang tengah dihadapi Palestina dan Alquds Alsyarif.

Inti pertemuan akan digelar besok, 7 Maret 2016, dengan target menghasilkan resolusi dan Deklarasi Jakarta yang memuat komitmen pemimpin negara anggota OKI bagi perdamaian Palestina.

Di laman resmi panitia KTT LB OKI, dijelaskan bahwa situasi darurat yang dialami oleh Palestina dan Alquds Alsyarif adalah adanya pendudukan dan kebijakan apartheid Pemerintah Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya