KPU: Penentuan Putaran II Pilpres 25 Juli

VIVAnews - Ketua Komisi Pemilihan Umum, Abdul Hafiz Anshary, optimis pemilihan presiden berlangsung lancar. Abdul Hafiz pun menegaskan tanggal 25 Juli 2009 merupakan penentuan apakah pilpres berlangsung satu putaran atau dua putaran.

"Penetapan hasilnya apakah satu putaran atau dua putaran diketahui pada 25 Juli," kata Abdul Hafiz di sela pantauan rekapitulasi suara di Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanalaud, Kalimantan Selatan, Sabtu 11 Juli 2009.

Menurut Abdul Hafiz, secara umum penghitungan suara piplres berjalan lancar. Penghitungan ini diperkirakan bakal selesai tepat waktu pada 24 Juli.

Mengenai publikasi sejumlah lembaga survei, Abdul Hafiz mengaku memiliki beban. Karena, lanjut Hafiz, jika hasil penghitungan KPU berbeda dengan hasil survei, lembaganya dinilai memanipulasi data. "Tapi jika hasilnya sama dengan survei, maka KPU dianggap terpengaruh penghitungan cepat," ujarnya.

Hafiz pun menegaskan, penghitungan suara yang dilakukan KPU tidak ada kaitannya dengan publikasi penghitungan cepat sejumlah lembaga survei yang hasilnya memenangkan SBY-Boediono. "Tentu kita tidak akan mengikuti hasil survei," ujarnya.

Meski hasil penghitungan sejumlah lembaga survei menyatakan SBY-Boediono sebagai pemenang, Hafiz manyatakan, "Sekarang ini kami sudah siap (untuk putaran dua). Logistik surat suara dalam keadaan siap cetak."

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024