Exit Poll Lembaga Survei Indonesia

SBY Dibela Perempuan, Mega Disukai Laki-laki

VIVAnews - Calon presiden incumbent Susilo Bambang Yudhoyono terbukti lebih disukai perempuan daripada laki-laki. Sebaliknya, calon presiden Megawati Soekarnoputri lebih banyak didukung laki-laki daripada perempuan.

Data itu terungkap melalui survei exit poll Lembaga Survei Indonesia. SBY-Boediono mendapat dukungan tertinggi baik dari pemilih laki-laki (55 persen) maupun perempuan (66 persen). Mega-Prabowo mendapat dukungan 31 persen dari pemilih laki-laki dan 22 persen pemilih perempuan. Sedangkan JK-Wiranto mendapat 13 persen dukungan
pemilih laki-laki dan 12 persen pemilih perempuan.

Direktur LSI Saiful Mujani menilai data tersebut menunjukkan adanya makna elektoral terhadap keunggulan SBY-Boediono dibandingkan dua kandidat lainnya. "Secara teoritis pemilih perempuan memang lebih loyal ketimbang yang laki-laki. Tak mudah menyuruh pemilih perempuan untuk pindah ke lain hati, mereka tak mudah pindah kepada selain SBY," kata Saiful di kantor LSI, Jalan Lembang Terusan D57, Menteng, Jakarta Kamis 9 Juli 2009.

Dengan demikian, Saiful menyatakan, SBY telah terselamatkan oleh pemilih perempuan. "SBY terselamatkan karena proporsi pemilih perempuan lebih banyak yang telah memilihnya," ujar Saiful.

SBY-Boediono terlalu banyak dipilih oleh pemilih perempuan. Kata Saiful seharusnya yang proporsional adalah prosentase pemilih laki-laki dan perempuan itu sama-sama 61 persen. Tetapi ternyata yang perempuan 66 persen (over), sedangkan yang laki-laki hanya 55 persen (under).

Sementara Mega-Prabowo terlalu banyak dipilih laki-laki. Proporsionalnya adalah baik laki-laki maupun perempuan adalah 27 persen. Namun ternyata Mega-Prabowo dipilih oleh 31 persen laki-laki (over), sedangkan yang perempuan hanya 22 persen (under).

Hanya JK-Wiranto yang relatif proporsional dipilih baik laki-laki maupun perempuan. Proporsionalnya adalah 13 persen, JK-Wiranto dipilih oleh 13 persen laki-laki dan 12 persen perempuan.

arfi.bambani@vivanews.com

· Menurut penghitungan quick count  SBY-Boediono menang 60 persen. Benarkah?Dapatkan SMS data suara Pilpres 2009 dari tabulasi resmi KPU. Updated 2 kali per hari hingga pengumuman pada 27 Juli 2009. Ketik REGHASIL kirim ke 9386. Hanya Rp. 1000/SMS

· Untuk mengenang kepergian Michael Jackson, aktifkan RBT Michael Jackson sekarang juga DI SINI

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal
Sakit pinggang.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Sakit leher dan sakit pinggang kerap dikeluhkan oleh pekerja kantoran. Beberapa penyebabnya di antaranya terlalu banyak duduk, terlalu banyak menatap layar komputer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024