MK Gelar Sidang Putusan Sengketa Pilkada Tiga Kabupaten

Refleksi 2015 dan proyeksi 2016 Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mahkamah Konstitusi menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP) untuk tiga daerah hari ini, Selasa, 16 Februari 2016. Ketiga daerah tersebut yakni, Kabupaten Solok, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Fakfak.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"MK akan memutus sebanyak tiga gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah 2015 yang telah memasuki melewati pemeriksaan pokok perkara," kata Humas MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Pemohon perkara sengketa Pilkada Kabupaten Solok, pasangan calon Khairunas dan Edi Susanto mempermasalahkan putusan Komisi Pemilihan Umum setempat atas rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, yang memenangkan pasangan calon lawannya.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Untuk perkara sengketa Pilkada Kabupaten Bangka Barat, pemohon pasangan calon Sukirman dan Safri menyampaikan keberatannya atas praktik politik uang secara terstruktur, sistematis dan masif yang dilakukan pasangan calon lawannya yakni paslon Parhan Ali dan Markus.

Sedangkan untuk perkara sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak, pemohon pasangan calon Inya Bay dan Said Hindom mempermasalahkan kelalaian dan pelanggaran penyelenggaraan Pilkada oleh KPU setempat. Karena tidak pernah memberitahukan kepada pemohon untuk melalukan verifikasi dan tahapan administrasi pendaftaran.

Pemilu Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda

Akibat kelalaian tersebut pasangan calon Inya Bay dan Said Hindom tidak tidak dapat mengikuti Pilkada Fakfak, karena dinilai tidak memenuhi syarat pencalonan.

Mendagri ?Tito Karnavian di Medan, Sumut, Jumat, 3 Juli 2020.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pilkada serentak ini harus mengikuti protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020