DPR Desak Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Ilustrasi/Aksi rrbuan guru honorer di gedung DPR beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Komisi X DPR RI mendedak sudah saatnya Pemerintah memperhatikan nasib guru honorer, dengan cara meningkatkan kuantitas, kualitas dan kesejahteraan.

Kemendikbud: Guru Honorer Tak Lulus Seleksi PPPK Jangan Berkecil Hati

"Kebutuhan guru terutama pada tingkat pendidikan dasar di daerah-daerah terpencil masih sangat banyak, namun Pemerintah selalu mengklaim kebutuhan guru sudah cukup," ujar Wakil Ketua Komisi X Abdul Kharis Almasyhari di Jakarta, Kamis 11 Februari 2016.

Kharis menilai ada dua hal penting yang perlu ditegaskan dalam kaitannya dengan kecukupan guru. Pertama, cara pandang dalam melihat ketercukupan guru.

Sertifikat Pendidik di Kriteria PPPK Rugikan Sekolah Swasta

"Pemerintah menyatakan bahwa rasio guru dan murid telah tercukupi dengan memasukkan guru honorer di dalamnya. Namun, kesejahteraan guru honorer masih belum dipenuhi oleh pemerintah," ujar Legislator PKS dari dapil Jawa Tengah V ini.

Kedua, lanjut Kharis, mengenai pendistribusian guru secara merata hingga ke daerah-daerah terpencil. Pemerintah, dalam hal ini perlu melakukan pemetaan alias maping kebutuhan, serta verifikasi terhadap kualitas dan kesesuaian syarat pengangkatan guru honorer menjadi PNS.

Guru Honorer Usia 35 Tahun ke Atas Minim Perhatian Pemerintah

"Hal ini untuk menghindari kesan pemerintah asal rekrut honorer K2 tersebut," ujar Kharis.

Diketahui, ribuan guru yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHKI), Rabu (10/2), melakukan aksi di depan Istana Negara Jakarta mendesak Presiden Jokowi untuk memenuhi janjinya mengangkat 439.056 orang guru honorer.

Viral Guru Honorer Lagi Hamil Tua Dipecat Pejabat Sekolah

Viral Guru Honorer Lagi Hamil Tua Dipecat Pejabat Sekolah

Kisah seorang guru honorer yang sedang hamil tua dipecat oleh pejabat sekolah viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022