Syarief Hasan: SBY Lebih Kritis agar Pemerintah Berhasil

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk lebih kritis terhadap pemerintah dan isu-isu terkini. SBY menegaskan bahwa keputusan itu diambil demi tujuan yang baik dengan cara yang proporsional.

Ruhut: Kritik SBY pada Jokowi ibarat Nasihat Senior-Junior

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengungkapkan sikap itu diambil SBY agar pemerintah betul-betul melanjutkan keberhasilannya selama memimpin. Selain itu, apabila ada yang dianggap perlu diperbaiki, SBY mempersilakan pemerintah saat ini untuk memperbaiki.

"Itu salah satu komitmen beliau untuk memberikan masukan agar pemerintah ini bisa berjalan dengan bagus dan berhasil," kata Syarief kepada VIVA.co.id, Selasa, 9 Februari 2016.

Politikus PDIP Minta SBY Sampaikan Kritik Langsung ke Jokowi

Syarief juga meminta pemegang kekuasaan saat ini untuk tidak bereaksi negatif. Suatu sikap yang menurutnya diambil oleh SBY saat memimpin negeri.

"Sama pada saat beliau jadi Presiden. Beliau terbuka terhadap semua kritikan, masukan dari manapun dan siapapun. Sangat terbuka," ujarnya.

SBY Minta Pemerintah Tak Cuma Sibuk Urus Harga Daging

Meski demikian, anggota Komisi XI DPR itu menegaskan bahwa kekritisan dari SBY itu tidak akan membuat hubungan dengan pemerintah menjadi panas. Ia berharap pemerintah mau menerima masukan dari siapapun termasuk dari Demokrat.

"Ini kan tujuannya agar pemerintah bisa berhasil selama 3,5 tahun (waktu tersisa pemerintahan) ini," katanya.

Tokoh yang pernah menjabat sebagai Ketua Harian Partai Demokrat itu menegaskan bahwa partainya itu tetap dalam posisi sebagai penyeimbang selama lima tahun periode kepemimpinan Jokowi. Tak hanya itu, Demokrat juga sepenuhnya mendukung gagasan dan sikap yang diambil oleh sang ketua umum, SBY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya