Istana: Harusnya Pembangunan Kereta Cepat Direspons Positif

Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Kepala Staf Presiden Teten Masduki memastikan pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung telah melalui pengambilan keputusan yang terukur. Mulai dari perencanaan sampai Perpres.

Mengenal 'Tukang Las Asing' Kereta Cepat yang Sempat Bikin Heboh

“Kenapa dipertanyakan kalau sekarang pemerintah ambil keputusan yang cepat. Yang biasanya lambat sekarang kami percepat. Ini harusnya direspons baik," kata Teten di kantornya, Jakarta, Selasa, 9 Februari 2016.

Menurut mantan aktivis antikorupsi itu, tidak hanya proyek kereta cepat, pemerintah juga terus mengupayakan pembangunan infrastruktur lainnya agar diusahakan secepat mungkin. Bahkan jika ada hal yang menghambat akan dilakukan deregulasi.

Kereta Cepat Akan Terhubung dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta

"Ini komitmen besar pemerintah untuk mempercepat pembangunan," kata Teten.

Teten memastikan, meski keputusan dilakukan dengan cepat, Presiden sudah mewanti-wanti agar pelaksanaan tata kelola tetap diperhatikan agar sesuai aturan. Kalau ada praktik korupsi, maka hal tersebut selanjutnya akan menjadi urusan Kepolisian, Kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mundur Lagi, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

Ia menilai kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan rencana besar pemerintah untuk menyediakan transportasi massal. Menurutnya, transportasi massal ini merupakan solusi bagi kawasan Jakarta dan Bandung yang dikategorikan padat penduduk.

"Khusus Bandung-Jakarta, karena dua kawasan ini padat. Ini jadi solusi untuk masalah kepadatan penduduk," ujar Teten.

Dengan adanya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini, ia mengharapkan bisa tersedia transportasi yang andal, aman, dan nyaman.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini dibangun dengan jarak 150 Km oleh China Railway Engineering Corporation. Dana yang dihabiskan untuk pembangunannya sekitar US$5,5 miliar dengan target rampung pada 2018. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya