Ini Saran Anggota Komisi IX Hadapi 'Gelombang PHK'

Sumber :
  • Erik Hamzah (Bekasi)

VIVA.co.id – Merebaknya isu PHK menjadi kekahawatiran tersendiri bagi masyarakat. Di DKI Jakarta Sendiri beberapa waktu lalu melalui Wakil Gubernur Djarot mengatakan telah melakukan antisipasi PHK di DKI.

Ketua DPR Ceritakan Pengalaman Pertemuan di Australia

Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, memberikan pandangan soal isu PHK tersebut. Pertama, Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Ketenagakerjaan diharapkan segera melakukan koordinasi, melakukan penelitian ke lapangan langsung.

Kedua, membuat pemetaan sektor  industri apa saja yang dalam kondisi tidak stabil, apa penyebabnya dan segera ambil langkah-langkah insentif kebijakan penyelamatan industri nasional.

Komisi VIII: Panwaslu & Polisi Harus Lakukan Tindakan Tegas

Ketiga, ditelaah dengan seksama, apakah terjadi penutupan industri karena bangkrut atau pailit. Jika itu yang terjadi pemerintah harus mengawal agar hak-hak pekerja dipenuhi oleh perusahaan.

Keempat, jika yang terjadi adalah penjualan saham kepada pihak lain, "alih kepemilikan", maka yang terutama harus dipastikan adalah tidak ada pemutusan kerja dan pengurangan karyawan, serta pemberi kerja yang baru diawasi untuk tidak mengurangi kesejahteraan karyawan.

Fraksi PKB Launching RUU Pendidikan Madrasah dan Ponpes
Komisi V DPR apresiasi pembangunan venue Cabor Kano oleh Kementerian PUPR.

Komisi V Harapkan Venue Cabor Kano jadi Objek Wisata

Komisi V DPR harapkan cabor kano jadi objek wisata di Majalengka.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2018