Hasto: PDIP Ingin Tertawa dan Menangis Bersama Rakyat

Pelepasan Baguna PDIP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – PDI Perjuangan terus melakukan upaya konkret dalam upaya menjadikan partai sebagai wadah perjuangan yang siap hadir di tengah-tengah rakyat. Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Diperluas DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah hari ini, PDI Perjuangan melantik kepengurusan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jateng.

BNPB: Jakarta Darurat Banjir akibat Turunnya Permukaan Tanah


Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan dan Penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning dan disaksikan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Sekjen Ahmad Basarah dan Utut Adiyanto, Ketua DPP Sri Rahayu dan Hendrawan Supratikno, Kepala Baguna Sadarestuwati, Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Heru Sudjatmoko. Hadir juga Wakil Kepala Baguna Max Tamela dan Mochtar Mumamad, serta Sekretaris Baguna Alfian Feoh.

"Sebagai komitmen kerja partai, DPP akan selesaikan pembentukan badan hingga tingkat daerah pada Maret tahun 2016 ini. Salah satunya Baguna, yang harus betul-betul kita jadikan sebagai mesin optimalisasi partai. Sebagai wajah partai dalam hal perjuangan kemanusiaan," kata Hasto, saat memberikan sambutan acara Rakerda Diperluas, DPD PDI Perjuangan Jateng, di Semarang, Senin, 8 Februari 2016.

Menurut dia, dibentuknya Baguna oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri adalah sebagai esensi dari berpartai. "Itulah wajah partai di tengah rakyat. Di kala perjuangan di tengah rakyat saat ini mulai terkikis, justru itu tidak berlaku PDI Perjuangan. Kita tetap konsisten untuk tertawa dan menangis bersama rakyat," ungkap Hasto.

Gubernur Jateng yang juga kader PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam sambutannya juga menyinggung soal peran Baguna sebagai wadah perjuangan partai terjun langsung di tengah rakyat. Apalagi di Jateng yang banyak daerahnya tercatat rawan bencana.

"Jateng merupakan supermarket bencana, Baguna harus siap siaga untuk antisipasi bencana," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga membeberkan bahwa semangat gotong royong masyarakat di Jateng dalam menghadapi bencana telah mendapatkan apresiasi dari dinia. Untuk itu, Baguna PDI Perjuangan harus terus membuktikan konsistensinya dalam hal kerja-kerja kemanusiaan dan menjadikan Baguna sebagai wajah perjuangan partai.

"Saya nanti diundang PBB untuk pidato bagaimana soal penanggulangan bencana studi kasus penanganan dan penanunggulangan bencana di Jateng. Saya akan sampaikan bagaimana semangat gotong royong yang bangkit dengan sendirinya," ujarnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto mengingatkan seluruh jajaran partai di Jateng bahwa selain penting melakukan konsolidasi dan memperkuat gotong royong, juga penting bagaimana kesiapan partai dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana yang mengintai beberapa daerah di Jateng.

"Nanti menurut BMKG akan ada banyak bencana, Baguna harus siap siaga. Kita buat firm, peralatan kita canggihkan," katanya.

Selain dilakukan pelantikan Baguna PDI Perjuangan Jateng, Rakerda Diperluas DPD PDI Perjuangan Jateng juga melantik kepengurusan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) untuk Jateng. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua BSPN Arif Wibowo.

Proyek Giant Sea Wall Jakarta.

Dua Rekomendasi BNPB Tanggulangi Banjir Jakarta

Indonesia juga bisa merujuk pada Pelabuhan Rotterdam dan New Orleans.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2016