Bupati dan Wali Kota Terpilih Dilantik Serentak 17 Februari

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan jadwal pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih tahap I akan digelar serentak pada 17 Februari mendatang di Provinsi dan daerah masing-masing.

Lima Daerah Gagal Sepakati Dana Hibah Pilkada Tepat Waktu

"Kecuali untuk Kalimantan Tengah, yang melantik Mendagri, karena penjabat Gubernurnya masih Plt (Pelaksana Tugas)," ujar Tjahjo di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Jumat 5 Februari 2016.

Usai dilantik, para Kepala Daerah dan wakilnya tersebut akan diundang ke Istana Negara, Jakarta. Mereka akan diberikan arahan oleh Presiden dan sejumlah Menteri terkait serta petinggi negara lainnya.

DPR Minta Pilkada Serentak Tahap I Selesai Sebelum 2017

"Setelah dilantik para Bupati dan Wali kota akan kita undang ke Jakarta, mendengarkan arahan Presiden, Menko terkait, KPK, BIN dan lain-lain sebagainya supaya pola pikirnya komprehensif. Kemudian mereka akan mengikuti diklat di Lemhanas," ujar Tjahjo.

Sebelum pelantikan Bupati dan Wali kota, Pemerintah rencananya juga akan melantik terlebih dulu para Gubernur dan Wakil Gubernur tepilih pada 12 Februari mendatang, di Istana Negara, Jakarta.

Bawaslu Diperkuat dalam Revisi UU Pilkada

Sementara itu bagi daerah yang masih menjalani sidang sengketa Pilkada. Pemerintah merencanakan akan melantik kepala daerah terpilih tersebut secara serentak juga, pada Maret atau usai Mahkamah Konstitusi mengeluarkan putusan final sengketa Pilkada. (ren)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Anggota DPR, DPRD Keberatan Harus Mundur Bila Ikut Pilkada

Ini yang jadi ganjalan dalam merevisi Undang-undang Pilkada.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2016