Ketua MPR Setuju Reklamasi Teluk Benoa

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan setuju dilakukannya reklamasi Teluk Benoa selama memberikan efek positif dan analisis dampak lingkungannya (amdalnya) baik serta tidak merusak lingkungan.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

"Lihat Singapura itu 30 persen wilayahnya hasil reklamasi. Dubai itu 'Palm Beach'-nya terkenal karena hasil reklamasi," katanya di Denpasar, Senin 1 Februari 2016.

"Soal reklamasi Teluk Benoa, yang penting amdalnya betul bagus dan akan membawa perubahan positif bagi daerah, kenapa tidak ?," jelasnya.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Saat ini telah terjadi pro dan kontra terkait rencana reklamasi di Teluk Benoa Bali. Pemda Bali masih belum setuju dengan rencana reklamasi tersebut. Masyarakat Bali juga menolaknya.

"Saya katakan soal reklamasi, kalau amdalnya bagus, buat kemajuan kenapa tidak ?. Tidak harus negatif dulu. Tapi kalau belum ada amdalnya yaa ditunda dulu," ucapnya.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Zulkifli memberikan contoh Singapura dan Dubai yang dinilainya berhasil dalam soal reklamasi pantai.

"Lihat Singapura itu 30 persen wilayahnya hasil reklamasi dan wilayahnya nambah terus karena reklamasi. Dubai itu 'Palm Beach'-nya terkenal karena hasil reklamasi juga," ungkap Ketua Umum PAN ini.

Zulkifli juga mendengar rencana pemda DKI Jakarta yang juga akan melakukan reklamasi.

Menurut Zulkifli, reklamasi tidak selalu negatif selama amdalnya baik. Karena itu, tambahnya soal amdal ini harus dilakukan dengan benar.

"Kita jangan puas diri. Kalau Singapura jumlah kunjungan wismannya bisa mencapai 50 juta. Wisatawan kita juga harus naik terus," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya