Anggota Komisi XI Minta BI Melawan Peredaran Uang Palsu

Wakil Ketua Komisi VI DPR Heri Gunawan
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan memberikan tanggapan terkait  peredaran uang palsu yang ditemukan Bank Indonesia (BI) perwakilan wilayah Jawa Barat di Kota Indramayu.

Asal-usul Pelat Dinas TNI Palsu Fortuner Pengemudi Arogan yang Ngaku Adik Jenderal

Menurutnya, beredarnya uang palsu adalah soal klise yang seperti tak bisa dipecahkan. Agak aneh juga jika pihak-pihak yang memproduksi dan mengedarkan tak bisa diberantas secara tuntas. Apalagi lokusnya banyak terjadi di daerah-daerah di sekitar ibukota.

"BI jangan berhenti dalam upaya melawan peredaran uang palsu. Upayanya bisa dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pertama, upaya preventif, BI mesti terus-menerus meriset dan mencetak uang yang lebih canggih sehingga meminimalisir peluang untuk dipalsukan.

Terkuak! Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu untuk Hindari Gage

Kedua upaya refresif, penegak hukum harus segera merespon dan menindak tegas pelaku-pelaku yang memproduksi dan mengedarkan," ujarnya, di Senayan, Selasa 26 Januari 2016.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peredaran uang palsu harus dipandang sebagai kejahatan yang berdampak strategis.

Sosok Anggota Polisi yang Berikan Mahar Emas Palsu ke Anak Camat di Purwakarta

"Bagaimana tidak? Makin banyak uang palsu yang beredar maka itu bisa mengganggu kestabilan ekonomi (inflasi menjadi lebih tinggi). Karenanya, perlu koordinasi yang kuat antar stakeholder," kata pria asal Jawa Barat ini.

Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas palsu ditegaskan mencoreng institusi TNI.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024