Benarkah Risma 'Tak Laku' untuk Pilgub Jawa Timur?

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.
Sumber :
  • MZ Abidin/ VIVA (Surabaya)

VIVA.co.id - Berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah di Surabaya untuk kedua kalinya tak lantas membuat nama Tri Rismaharini (Risma) dilirik untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang DH, mengatakan sampai saat ini masih belum ada usulan dari daerah untuk mencalonkan nama Risma sebagai kandidat Gubernur Jatim dari PDIP.

"DPC-DPC yang ada di Jawa Timur tidak ada satupun yang mengusulkan namanya Risma, jadi sepertinya memang akan sulit untuk maju di Pilgub Jatim tahun 2018 mendatang," kata Bambang kepada VIVA.co.id, Senin 25 Januari 2016.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Meski demikian, saat ditanya siapa yang akan diusung oleh PDIP dalam Pilgub Jatim mendatang, Bambang masih enggan membukanya. Termasuk, untuk mengusulkan nama Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, yang belakangan sering dikaitkan dengan PDIP, Bambang juga masih belum memberikan jawaban yang jelas.

"Belum, intinya jangan mudah tertipu dulu," jawab Bambang lalu tertawa.

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jati, Anwar Sadat, menyatakan, Gerindra tidak akan mengusung Risma pada Pilgub Jatim mendatang. Alasannya, nama Risma tidak terlalu menjual di Jatim jika dibandingkan dengan nama-nama lainnya.

"Makanya, kami pun akan mengajukan kader sendiri karena itu sesuai dengan arahan Bapak Prabowo Subianto," papar Anwar.

Sementara itu, Pilgub Jatim nanti diprediksi akan menjadi pertarungan banyak nama besar. Di antaranya Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Ketua DPRD Jatim, sekaligus Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar.

Bahkan, khusus untuk Abdul Halim Iskandar, baru-baru ini juga sudah mulai mendapatkan dukungan resmi dari Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gema Saba). Ketua Gema Saba, Muhammad Solihul Umam menyatakan, mereka akan memberikan dukungan mereka secara totalitas kepada Halim.

"Karena beliau ini merupakan kader terbaik NU, dan memiliki kepedulian yang tinggi kepada Jatim," kata dia dalam deklarasi dukungan kepada Abdul Halim Iskandar, Minggu malam, 24 Januari 2016. (ren)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya