DPR Minta Seluruh Elemen Masyarakat Dilibatkan

Saleh Partaonan Daulay
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak bisa bekerja sendiri dalam pemberantasan narkoba sehingga diperlukan dukungan kementerian dan lembaga lainnya.

TNI Sebut Definus Kogoya Anggota KKB yang Terluka Sudah Diobati dan Dipulangkan ke Keluarga

"BNN menjadi tulang punggung pemberantasan narkoba, tetapi tidak bisa sendirian. BNN harus mendapat dukungan dari kementerian dan lembaga lain, termasuk para tokoh masyarakat," kata Saleh, Senin 25 Januari 2016.

Ketua Komisi VIII DPR itu mengatakan BNN dan kepolisian telah melakukan banyak hal dalam pemberantasan narkoba. Namun, narkoba belum bisa diberantas secara tuntas, bahkan belakangan terkesan semakin marak.

Pemberontak Kachin Hantam Junta Myanmar

Peredaran narkoba di kota-kota besar, terutama Jakarta, tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, kata Saleh, para mafia narkoba semakin berani dan terbuka.

"Fenomena ini bisa saja menunjukkan bahwa peredaran narkoba jauh lebih besar dibandingkan jumlah aparat penegak hukum kita. Kalau itu betul, Indonesia sudah betul-betul darurat narkoba," tuturnya.

Termasuk Kopassus, Ini 5 Pasukan Elite TNI yang Bikin Kena Mental Tentara Asing

Saleh mengatakan peredaran narkoba saat ini tidak lagi di tempat-tempat elit, tetapi juga sudah membaur di perumahan-perumahan masyarakat biasa sehingga akses untuk mendapatkannya pun lebih mudah.

"Itu sudah sangat mengancam. Pemerintah harus melakukan aksi nyata dalam memberantas peredaran narkoba dan para bandarnya," tutur Saleh.

Saleh, guru mengingatkan dosen, pimpinan perusahaan bahkan aparat hansip di kelurahan perlu dilibatkan dalam pemberantasan narkoba karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Setidaknya, mereka bisa diajak untuk bersama-sama melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya