Yasonna & Habibie Hadiri Rapimnas, ARB Selangkah di Depan

Bandara Sam Ratulangi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Politikus Budi Supriyanto Didakwa Disuap Ratusan Ribu Dolar
- Kehadiran Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, dan tokoh senior BJ. Habibie saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu malam kemarin, dianggap sebagai bukti kemenangan Aburizal Bakrie atau ARB.

Partai Pendukung Ahok Pakai Janji Tertulis Biar Tak Membelot
Direktur Eksekutif lembaga kajian politik Renaissance Political Research and Studies (RePORT), Khikmawanto, mengatakan kehadiran Yasonna bukti pemerintah melihat kalau kekuatan Partai Golkar ada di ARB.

Komisi V Apresiasi Gubernur Sulbar
"Kehadiran Yasonna (Menkumham), memberi sinyal bahwa kini ARB satu langkah di depan. Dukungan pemerintah makin riil," kata Khikmawanto, dalam siaran persnya, Minggu, 24 Januari 2016.

Khikmawan mengatakan, ada hal menarik dari pidato ARB, yakni terkait kesiapan munas atau bahkan munas luar biasa sekalian. 

Menurutnya, ini sinyal ARB tidak pernah takut hadapi munas seperti yang diminta tim transisi atau pihak Agung Laksono.

"Saya melihat, ARB bersikukuh menolak munas atau munas luar biasa bukan karena faktor apa-apa, tapi faktor belum adanya dukungan pemerintah dan elite-elite lainnya. Sekarang Yasonna hadir, dan ARB semakin percaya diri," katanya.

Kehadiran Yasonna, termasuk Menkopolhukam, Luhut Binsar Pandjaitan, menurut Khikmawan sebagai sinyal positif dukungan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Kehadiran Menteri Yasonna sudah tentu memberikan dampak pada naiknya kepercayaan diri ARB, bahkan jika harus melaksanakan munas atau munas luar biasa sekalipun, saya kira ARB sangat berpeluang menang," jelas dia.

Pembukaan Rapimnas kemarin, menurutnya, sudah cukup memperlihatkan kalau akar rumput Golkar memang ada di pihak ARB.

Sebab, banyak elite-elite Golkar yang juga memegang jabatan publik seperti Ketua DPR, Ade Komaruddin, turut hadir.

Belum lagi, elite Golkar yang ada di pihak ARB tapi tidak terang-terangan, sudah cukup memperlihatkan kekuatan dan dukungan sebenarnya bagi ARB.

"Ini sudah cukup bagi pemerintah memberikan dukungan ke ARB. Kehadiran tokoh senior BJ Habibie, merupakan dukungan positif untuk ARB juga," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya