Digosipkan Kena Reshuffle, Jonan Justru Disenangi Jokowi

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id -
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
Presiden Joko Widodo mengaku senang dengan kerja Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Sebabnya, Kementerian yang Jonan pimpin menandatangani 12 paket kontrak kegiatan selama 2016 dengan nilai Rp2,071 triliun, dari total 273 paket kegiatan senilai Rp14,242 triliun.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Saya senang ke Kementerian Perhubungan hari ini, memulai 2016 ini dengan kontrak yang telah dimulai Januari," kata Jokowi dalam sambutannya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin, 18 Januari 2016.
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi


Jokowi menuturkan, sekitar enam bulan lalu ia menyampaikan bahwa setelah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran selesai maka langsung lelang. Kemudian, bulan Januari langsung bisa lanjut ke kontrak.


"Sekali lagi saya senang Kemenhub langsung memulai itu," ungkap Jokowi.


Jokowi mengatakan, langkah seperti yang dilakukan Kemenhub itu harus terus dilakukan. Ini agar kerja dengan pola-pola lama yang baru memulai pengerjaannya di pertengahan tahun tidak terulang lagi.


"Kami tahu cara-cara lama memang harus ditinggalkan. Dulu bulan 5 (Mei), 6, Oktober saja masih ada yang tanda tangan kontrak," kata Jokowi.


Jokowi berharap apa yang dilakukan oleh Kemenhub itu bisa mengubah tradisi lama tersebut. Lalu, menjadi contoh bagi pemerintah daerah yang juga mengandalkan pola-pola lama.


"Dulu-dulu menumpuk, kebut-kebutan di bulan November Desember, tidak hanya Kementerian tapi di provinsi, kabupaten kota, sama persis
plek
. Karena yang ditiru di atas. Ini akan kami ubah, kami harapkan yang pertama," ujar Jokowi.


Nama Ignasius Jonan, sempat disebut-sebut sebagai salah satu menteri yang akan di-reshuffle. Ketua DPP PAN Azis Subekti menyebutkan, Jonan akan diganti oleh menteri dari PAN. Nama Taufik Kurniawan, yang kini menjabat Wakil Ketua DPR, diproyeksikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya