Kontroversi Pernyataan Andi Mallarangeng

Kantor Demokrat Makassar Dijaga Ketat

VIVAnews - Satu peleton Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat menjaga ketat kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Makassar, Jumat 3 Juli 2009.

Menurut informasi, pengamanan dilakukan sejak Kamis 2 Juli 2009, saat nonton Debat Capres digelar di sana. Seperti ditayangkan TV One, Kamis malam, penjagaan dilakukan karena dikhawatirkan kantor tersebut jadi obyek kemarahan massa mengecam pernyataan Andi Mallarangeng.

Sebelumnya, orasi politik Koordinator Media Tim Kampanye  SBY-Boediono, Andi Alfian Mallarangeng di hadapan sekitar seribu pendukung di GOR Matoangin, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 1 Juli 2009, menuai kontroversi.

Sejumlah tokoh Sulawesi Selatan menganggap dia telah menyinggung perasaan orang Bugis. Demonstrasi mahasiswa pun marak digelar, ikut mengecam pernyataan Andi.

Andi juga mengaku banyak sekali mendapatkan pesan pendek (SMS) dari masyarakat Sulawesi Selatan. Ada yang memaki-maki, ada pula yang mendukung. "Ada yang mengatakan saya haram kembali ke Makassar," kata Andi Mallarangeng seperti ditayangkan TV One, Jumat 3 Juli 2009.

Tak hanya itu, tambah dia, ada juga yang mengecapnya sebagai penghianat. "Dikatakan penghianat karena tidak mendukung calon dari Sulawesi Selatan," tambah dia.

Menurut Andi, justru dengan orasi politiknya itu, dia ingin membuka pikiran orang-orang Sulawesi Selatan. "Pilihan politik tak harus sama dengan suku," tambah dia.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024