Wakil Ketua Komisi VIII Dorong Jokowi Ganti Menteri Agama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Wacana perombakan (reshuffle) kabinet jilid II masih terus bergulir. Menurut Wakil Ketua Komisi VIII Sodik Mudjahid, salah satu nama yang perlu dipertimbangkan untuk diganti adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Mayoritas pimpinan dan anggota Komisi VIII menilai dan mengetahui buruknya kinerja Lukman Hakim dalam memimpin Kementerian Agama," kata Sodik dalam siaran persnya, Kamis 7 Januari 2015.

Dalam konteks pelayanan ke masyarakat, Sodik menjelaskan bahwa masalah yang terjadi di Kemenag ditemukan di semua lini, dari perkara yang besar, menengah, dan kecil.

"Masalah menengah, antara lain soal pembentukan BPKH (Badan Pengelola keuangan Haji) yang terkesan ditunda-tunda, soal PMA (Peraturan Menteri Agama) tentang Pemilihan Rektor yang meresahkan kaum akademisi," ujarnya.

Masalah lain, menurutnya, adalah soal ketidaksesuaian data dalam kertas kerja tim Kemenag yang sering terjadi dalam beberapa rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII.

"Sehingga terpaksa (RDP) beberapa kali diundur. Semua itu adalah tanggung jawab Lukman Hakim sebagai pemimpin dan manajer tertinggi Kemenag," kata politikus Partai Gerindra tersebut.

Menteri Agama Klaim Empat Peningkatan Layanan Haji

Isu perombakan kabinet jilid II memang masih mengemuka. Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, memprediksi pergantian para menteri itu dilakukan Jokowi awal tahun ini. (asp)

penetapan 1 syawal 1436 h

Menteri Agama Mewanti-wanti Lima Hal kepada Calon Haji

Menteri meminta para calon haji menjaga nama baik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016