Profesi Guru Sebagai Mercusuar Perubahan

Anggota Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra
Sumber :

VIVA.co.id – Puncak Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 70 yang diperingati di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, pada Minggu 13 Desember 2015 lalu, merupakan momentum penghormatan semua komponen bangsa terhadap jasa - jasa guru sebagai mercusuar perubahan.

Guru Penggerak, Dari Mutu Individu Menuju Mutu Pendidikan

Demikian dikatakan Anggota Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH), di Jakarta, Selasa 15 Desember 2015. Sutan menilai, guru memiliki peran penting untuk menghadapi masa depan bangsa.

“Guru mungkin tidak berharap ucapan selamat dari kita, tidak berharap hadiah ataupun sanjungan dari kita, tetapi kesadaran akan arti penting posisi mereka dalam menerangi masa depan bangsa menjadi mutlak untuk di renungkan semua komponen bangsa,” kata Sutan.

Belajar dan Mengajar yang Menyenangkan

Politisi F-Gerindra itu mengakui, saat ini banyak anak bangsa yang memandang biasa bahkan rendah profesi guru. Padahal, dari para guru itulah, sebenarnya mercusuar bangsa menjadi pelita dalam gelapnya dinamika zaman.

“Bayangkan dengan kesejahteraan yang relative biasa, dengan fasilitas yang seadanya maupun dengan perhatian atau apresiasi yang tak istimewa, guru mengikhlaskan dirinya mengabdi member ilmu bagi generasi penerus bangsa,”apresiasi Sutan.

Merdeka Belajar Bawa Gaya Baru Pendidikan

Bahkan, lanjut politisi asal dapil Jambi itu, semakin waktu berlalu, hingga sang murid mungkin sudah menjadi Jenderal, Menteri, Gubernur, Profesor dan lainnya, sang guru tetap istikomah mengajar sebagai jalur pengabdiannya.

“Saya berharap, PGRI sebagai wadah yang menaungi organisasi guru bias senantiasa solid untuk mengayomi serta menyuarakan aspirasi guru se-Indonesia,” harap politisi yang akrab dipanggil SAH itu. (www.dpr.go.id)

Ilustrasi guru mengajar siswa.(DOK. Kemendikbud Ristek)

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun fondasi sebuah bangsa yang maju dan berdaya saing di tingkat global.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024