Setya Novanto: Sang Pelobi, Sejajar dengan Henry Kissinger

Setya Novanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Reputasi Setya Novanto sebagai pelobi kelas wahid tak diragukan lagi. Bahkan, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin menyebutnya sebagai "The Lobbies" dan sejajar dengan tokoh dengan reputasi besar, Henry Kissinger.

Henry merupakan seorang ilmuwan politik, mantan Menteri Luar Negeri, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, dan pernah memenangkan Nobel Perdamaian.

Kemampuan Novanto itu sebenarnya dia ungkapkan sendiri. Hal ini terlihat dalam rekaman dan transkripan pembicaraan dengan Maroef dan pengusaha Muhammad Riza Chalid yang sudah beredar luas di masyarakat.

Politikus yang kini menduduki posisi Ketua DPR itu berkali-kali membeberkan kesuksesan dalam meraih tujuan. Misalnya, dia mengaku bahwa Jokowi dalam soal perpanjangan kontrak Freeport ada yang dipikirkan untuk ke depan.

Jokowi menginginkan, perusahaan tambang asal AS itu membangun smelter, atau pabrik pengolahan dan pemurnian logam. Baru, kemudian bisa bicara soal perpanjangan.

Setya Novanto: Saya Sayang dengan Pak Idrus

Namun, kliknya dengan Luhut, bisa membuat Jokowi mengikuti kemauan mereka. Persentase kesuksesan bahkan mendekati kesempurnaan, 99 persen.

Kemudian, dia juga membeberkan turut bermain dalam keputusan-keputusan penting Jokowi lainnya. Lalu, mempengaruhi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo.

"Ada keputusan-keputusan penting kayak Arab itu, bermain kita. Makanya saya tahu. Makanya Bung Riza begitu tahu Darmo, di-maintaince, dibiayai terus itu Darmo habis-habisan supaya belok. Pinter itu," kata Novanto.

Maroef lantas mengagumi kehebatan Novanto tersebut. "The lobbies," katanya.

Novanto yakin bahwa Jokowi pada akhirnya akan memperpanjang kontrak Freeport. Untuk DPR, dia yang mengurusi. Kuncinya adalah segitiga, Jokowi, Luhut, dan dia.

"Ini Henry Kissinger," kata Maroef diiringi tawa bangga Novantom, karena disejajarkan dengan tokoh kaliber dunia tersebut. (asp)

Spanduk dukungan Jokowi-Setya Novanto di Pilpres 2019 di arena Rapimnas Golkar.

Heboh Spanduk Setya Novanto Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Tak ada yang mengaku memasang spanduk tersebut.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016