Mendagri: Pilkada Serentak Perkuat Otonomi Daerah

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo meminta, semua pihak ikut terlibat dalam menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember mendatang sebagai wujud penguatan otonomi daerah. Alasannya, kesuksesan Pilkada dapat memantapkan tata kelola hubungan antara pusat dan daerah yang efektif dan efisien.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

"Karena Pilkada itu ujung-ujungnya memperkuat otonomi daerah," ujar Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Desember 2015.

Tjahjo menerangkan, Pilkada serentak merupakan salah satu wujud realisasi agenda reformasi, yakni penguatan otonomi daerah. Karenanya, proses politik dalam bentuk pesta demokrasi tersebut memang didesain untuk mendorong inisiatif daerah dalam membangun sinergi antarberbagai elemen di daerah, mengembangkan pendidikan politik, memperkuat legitimasi kepala daerah, serta meningkatkan partisipasi warga.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

"Jika dulu rakyat tidak peroleh peran yang cukup memadai dalam berbagai proses politik, sehingga aspirasi merek tersumbat. Nah, Pilkada langsung merupakan jawabannya," ujarnya menambahkan.

Tjahjo menjelaskan, Pilkada serentak secara langsung juga dapat membuat kepala daerah lebih dekat dengan rakyat karena mendapat legitimasi politik langsung dari rakyat. Selain itu, Pilkada serentak juga dinilai dapat menjadi instrumen untuk meningkatkan partisipasi demokrasi.

Sandiaga Uno Kritik Full School Day

"Bagaimanapun, partisipasi rakyat merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa dinafikan dalam pelaksanaan otonomi daerah dalam membangun daerahnya."

(mus)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016