Anggota MKD: Pansus Freeport Akan Bongkar Semua

Wilayah pertambangan terbuka Freeport di Timika, Papua.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Sebagian masyarakat menghendaki agar sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas Ketua DPR Setya Novanto berlangsung terbuka.

BPK Siap Audit Pajak dan Royalti Freeport Bila Diminta

Menurut anggota MKD yang baru, Ridwan Bae, keterbukaan yang dimaksud masyarakat juga agar segala kejahatan antara Freeport dengan pejabat pemerintahan terbuka semua.

"Kami perlu menangkap apa yang dikehendaki masyarakat. Keterbukaan yang dimaksud adalah Freeport sebagai sumber persoalan terbuka semua," kata Ridwan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 30 November 2015.

Ridwan bahkan menghendaki agar DPR membentuk Panitia Khusus (Pansus) Freeport. Anggota DPR asal daerah pemilihan Sulawesi Tenggara, Pansus ini jauh lebih penting ketimbang persidangan MKD.

"Sebaiknya kita bentuk Pansus Freeport, ini lebih membuka. Katanya ada pejabat-pejabat tersohor, itu nanti kebuka semua, termasuk Pak Novanto kalau dia salah akan terbuka," ujar Ridwan.

Ia berharap MKD nantinya juga akan mengeluarkan rekomendasi agar bisa dibentuk Pansus. Jika tidak, maka dalam skandal ini, hanya Novanto seoranglah yang mendapat sorotan. Tidak menyentuh Freeport dan oknum-oknum lain yang bermain.

"Kami bentuk Pansus ini menangkap keinginan masyarakat, artinya semua yang dicurigai rakyat akan terungkap, itu semua akan fair. Kalau Pansus Freeport akan terbuka kelemahan pejabat-pejabat negara kita," tuturnya. (ase)

'Panja Freeport Diperlukan Agar Prasetyo Tak Berpolitik'

DPR mempertimbangkan pembentukan Panja. Tapi Jaksa Agung menolak.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2016