Pengamat: Kasus Setya Novanto Buat Gelisah Freeport

Ilustrasi/Protes pertambangan PT Freeport di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020
- Pengamat Sosial Politik Adhie Massardi menilai kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo yang diduga dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto dan kini tengah ditangani Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), akan membuat gelisah PT Freeport Indonesia.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

"Sidang MKD ini justru nanti akan sangat menggangu Freeport. Karena perbuatan-perbuatan yang tercela dari Freeport nanti akan terungkap," kata Adhie di Jakarta, Sabtu 28 November 2015.
Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?


Sebab itu, ia menduga jika ada pihak yang kini disebut-sebut mengintervensi kinerja MKD, besar kemungkinan hal itu dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.


"Yang ingin intervensi justru Freeport. Kalau ketahuan ada pelanggaran dari pimpinan Freeport, maka (Freeport) akan mendapat celaan dari dunia. Sahamnya akan hancur," ujar Adhie.


Sementara itu, pengacara Eggi Sudjana menduga ada sejumlah elite politik yang benar-benar menginginkan saham di PT Freeport Indonesia. Eggi meminta MKD memeriksa secara teliti isi rekaman yang dilaporkan Sudirman Said.


Selain itu, MKD diminta memeriksa sejumlah saksi di persidangan mendatang. Langkah itu untuk membongkar realita sesungguhnya antara PT Freeport Indonesia dengan sejumlah pejabat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya