Pengamat Curigai Kiprah PDIP di Skandal Freeport

diskusi reshuffle kabinet di mata nitizen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020
Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bakti, menyoroti kiprah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla demi saham PT Freeport Indonesia. Kasus itu kini tengah ditangani Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

"Apakah PDIP akan dukung Jokowi atau (kubu) yang lain?" kata Ikrar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 27 November 2015.
Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?


Menurut Ikrar, PDIP sejak dulu memiliki karakter bermain di dua pihak. Ini yang membuat misi PDIP di kasus Novanto juga patut dicurigai.


"Kan otaknya PDIP itu. Kebetulan ada kasus ini. Sekali tepuk bisa dua yang kena. Novanto kena, bosnya Sudirman Said juga kena," ujar Ikrar tanpa menjelaskan secara spesifik siapa bos yang dimaksud.


Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon, tak menampik dugaan adanya dalang di balik aksi Sudirman Said. Menurut dia, konspirasi besar itu memang sudah diketahui banyak pihak.


"Iya ini sudah rahasia umum. Sudirman ini di bawahnya Ary Soemarno ini. Dia (Sudirman) nggak mungkin bermain tunggal. Semua bermain besar," kata Effendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya