Wakil Ketua MPR: Jangan Ada Lagi Masyarakat Perbatasan Teriak "Gelap"

Wakil Ketua MPR RI EE. Mangindaan
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua MPR RI Evers Ernest Mangindaan miris jika masyarakat wilayah perbatasan NKRI berteriak ‘gelap’ dan tak ‘terang’ seperti wilayah negara lain yang sangat dekat dengan masyarakat NKRI.

Lahir 17 Agustus, Empat Bayi di Lamongan Dapat Bingkisan

Menurut E.E. Mangindaan, ‘gelap’ berarti masyarakat di wilayah perbatasan belum sejahtera seperti masyarakat negara tetangga. Penanganan masyarakat wilayah perbatasan, harus dilebarkan tidak hanya dari aspek security atau keamanan tapi juga harus juga dari aspek prosperity atau kesejahteraan.

“Kita harus merubah cara penanganan wilayah perbatasan kita, jangan melulu hanya soal security saja tapi juga aspek prosperity masyarakatnya, itu yang harus diperhatikan betul-betul.  Saya tidak mau lagi mendengar masyarakat wilayah perbatasan yang teriak gelap lagi,” ujarnya, usai membuka acara secara resmi Rapat Bersama MPR RI dengan Forkompimda Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Dirjen Imigrasi, Dirjen Bea Cukai serta Forum Komunikasi Pimpina  Daerah (Forkompinda) Provinsi Sulawesi Utara, yang membahas soal Wilayah Perbatasan Republik Indonesia, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Ayaduta, kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat 27 November 2015.

PAN: Amandemen Capres 'Orang Indonesia Asli' Bisa Dilakukan

Wakil Ketua MPR RI E.E Mangindaan memberikan contoh, daerah perbatasan kepulauan Miangas yang masuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara dan berbatasan sangat dekat dengan negara Filipina, transportasinya hanya mengandalkan transportasi laut.  Untuk menuju ke pulau Miangas dari Manado dengan  kapal ferry membutuhkan waktu sekitar dua hari-an.

Dan, itupun tidak akan bisa berjalan jika musim barat tiba, di mana ombak dan pasang laut sedang tinggi-tingginya. Operator transportasi laut kebanyakan tidak berani melakukan aktifitasnya.  Padahal, bandara udara sudah dibangun, namun belum difungsikan.

Pimpinan MPR Jenguk Irman Gusman di Rutan Guntur

“Saya akan minta kementerian dan instansi terkait untuk segera meresmikan dan memfungsikan bandara tersebut, sehingga masyarakat di sana bisa memiliki alternatif transportasi untuk menunjang aktifitas mereka,” ujarnya.

Aziz Syamsudin bersama Presiden Jokowi. (FOTO: Istimewa)

Golkar Milenial Dukung Aziz Syamsudin Jadi Ketua MPR

Aziz dinilai mampu membangun kesimbangan dan keselarasan

img_title
VIVA.co.id
27 September 2019