Gawat, Pilkada Terancam Batal Digelar Serentak

Pilkada Serentak
Sumber :
  • Mohammad Nadlir - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Berbagai masalah yang ada mengancam keserentakan penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali kota dan Wakil Wali kota.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Padahal, Pilkada tinggal menyisakan waktu 15 hari lagi akan digelar, yakni pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengungkapkan, hal itu bisa terjadi jika ada pasangan calon yang gagal maju di Pilkada, bersikukuh mengajukan gugatan.

Terlebih jika gugatan itu menghasilkan fakta hukum baru, sehingga bisa menyebabkan perubahan calon di Pilkada, yang fatalnya mempengaruhi tahapan lain selanjutnya.

"Itu memungkinkan terjadi di daerah yang memang hingga kini belum juga rampung pencalonannya. Jika putusan fakta hukum baru tersebut keluar sebelum tanggal 9 Desember, maka KPU wajib untuk mengikutinya dengan kembali memasukkan yang bersangkutan dalam Pilkada," ungkap Arief di Kantor KPU.

KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit

Arief menerangkan, fakta hukum baru yang keluar menjelang detik-detik jelang pemilihan atau pemungutan suara Pilkada tersebut, jelas membutuhkan waktu yang cukup untuk bisa diproses atau ditindaklanjuti, guna menyiapkan dan menjalankan tahapan Pilkada lainnya seperti verifikasi calon tersebut, sampai pada proses produksi surat suara.

"Tapi nanti kalau sudah ada putusan, fakta hukum itu memerintahkan apa, ya kita jalankan, itu konsekuensinya," kata Arief.

Arief juga menegaskan, di dalam Peraturan KPU (PKPU) sendiri sudah diatur mengenai waktu penyelesaian sengketa agar sesuai dengan pelaksanaan Pilkada serentak, yakni  sampai 14 November, pada tingkat kasasi Mahkamah Agung (MA).

"Hanya, dalam perjalanannya sampai tanggal tersebut, kasus sengketa pencalonan tersebut berlanjut. Itu sudah kita hitung, kalau ada sengketa baru lagi itu pasti diluar skenario tahapan yang sudah kita buat," kata Arief.

Hasto Datangi KPK

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Alasannya, saat ini masih sibuk bicarakan cagub daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016