Politikus PDIP: Keberadaan Freeport Harus Dievaluasi

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Politikus Partai Demokrasi lndonesia Perjuangan, Masinton Pasaribu, menyebut kasus permintaan saham oleh anggota DPR kepada PT Freeport lndonesia harus menjadi momentum.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Masinton menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi keberadaan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

"48 tahun Freeport di Indonesia asas kemanfaatan untuk bangsa ini sangat minim. Apalagi kita tahu di sana itu emas," kata Masinton di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 18 November 2015.

Selain belum adanya manfaat yang dirasakan, menurut Masinton, justru banyak pelanggaran yang dilakukan oleh PT Freeport. Salah satunya adalah berdampak pada kerusakan lingkungan.

"Jadi, selain menyidiki SN (Setya Novanto) yang dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan, keberadaan PT Freeport juga harus dievaluasi," kata Masinton.

Sebelumnya, Menteri ESDM, Sudirman Said telah melaporkan Ketua DPR, Setya Novanto, atas dugaan pencatutan nama Presiden Indonesia Joko Widodo-Jusuf Kalla ke MKD.

Novanto dianggap melakukan hal yang tidak menyenangkan dan berusaha mempengaruhi proses kontrak dari PT Freeport Indonesia. Hingga kini kasus tersebut masih didalami oleh MKD. (ase)

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016