Wakil Ketua DPR Setuju Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Fahri Hamzah
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Presiden keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, diusulkan mendapat anugerah gelar pahlawan nasional. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, jika usulan sudah melalui sejumlah tahapan yang benar, maka pemerintah berhak mengangkat Gus Dur menjadi pahlawan.

Seperti diketahui, kajian kelayakan Gus Dur untuk menjadi pahlawan dari Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Tingkat Pusat (TP2GP) sudah lengkap dan selesai. "Saya kira jika pemerintah menganggap itu sudah sesuai prosedur, sudah layak, maka itu adalah hak pemerintah juga," kata Fahri ketika ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 9 November 2015.

Anis Matta Minta Fahri Banyak Baca Alquran

Secara pribadi, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini setuju jika Gus Dur mendapat gelar tersebut. Menurutnya Gus Dur sudah banyak berjasa bagi Indonesia walau tidak semua orang setuju dengannya. "Sulit jika tidak katakan Gus Dur tidak mempunyai jasa, hal-hal itu membuat dia sangat layak," ujarnya menambahkan.

Sementara, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Gus Dur sudah layak untuk menjadi pahlawan nasional. Oleh karena itu, kajian yang dilakukan oleh tim TP2GP juga tidak punya hambatan. "Jadi tidak ada catatan apapun, semua sudah selesai, tinggal menunggu saat penganugerahannya."

PKS Bantah 'Terbelah' Terkait Pemecatan Fahri Hamzah

Gus Dur merupakan salah satu tokoh pluralisme di Indonesia. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU). Berkas jasa Gus Dur, para tahanan politik semasa rezim Orde Baru atau Soeharto yang seluruhnya tidak diproses melalui pengadilan dibebaskan.

(mus)

Fahri Hamzah Tuding Ada Pengurus PKS Menyimpang Fatal
 Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini

Usai Pecat Fahri Hamzah, Fraksi PKS DPR Dirombak

PKS membantah bila rotasi ini terkait dengan bersih-bersih kubu Fahri.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016