Ini Rekomendasi Demokrat Usai Satu Tahun Jokowi-JK

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
WTO Puji Reformasi Ekonomi Indonesia
- Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah mencapai satu tahun kerja. Partai pemenang pemilu 2009, partai Demokrat memberikan beberapa catatan terkait kinerja pemerintah satu tahun pertama. 

Jokowi Minta Kemudahan Berusaha Naik, Ini Langkah BKPM
Menurut Demokrat, ada berbagai persoalan tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah saat ini, bahkan menyisakan sejumlah persoalan yang lain. 

Jokowi Ingin Kemudahan Berusaha RI Naik ke Peringkat 40
"Hal-hal yang tidak atau belum ditangani dengan baik oleh pemerintah jumlahnya lebih banyak daripada yang berhasil ditangani," kata Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, dalam konferensi pers di DPP Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015. 

Berikut beberapa rekomendasi partai Demokrat terhadap apa yang harus dilakukan pemerintah:

1. Pemerintah perlu menghormati kedaulatan partai-partai politik serta mencegah berbagai bentuk intervensi yang tidak semestinya. 

Nilai-nilai demokrasi perlu juga ditegakkan, misalnya kebebasan menyatakan pendapat baik pada tingkat publik maupun media masa. 

2. Penegakan hukum dan pemberantasan korupsi mesti dilaksanakan secara serius, tegas, konsisten dan tidak tebang pilih. Rakyat mesti dibebaskan dari rasa ketakutan dan kepasrahan kalau-kalau menjadi korban dari ketidak adilan dalam penegakan hukum. 

3. Kekuatan pertahanan mesti terus ditingkatkan, sementara TNI mesti mendapatkan tugas negara yang sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya. 
Keamanan dalam negeri serta juga keamanan dan ketertiban masyarakat perlu terus dipelihara, dan benih-benih konflik komunal yang sempat terjadi di Papua dan Aceh harus mendapatkan perhatian yang serius.

4. Ekonomi Indonesia belum pulih dari pelambatan pertumbuhan yang berdampak langsung kepada kehidupan masyarakat luas. Pemerintah tidak boleh berhenti berupaya dan mengambil tindakan yang efektif hingga semua fundamental ekonomi dapat diperkuat kembali, dan rakyat bisa dibebaskan dari kesulitan hidup yang timbul akibat tekanan ekonomi satu tahun terakhir ini. 

5. Jika ekonomi memburuk, maka rakyat golongan ekonomi lemahlah yang paling menderita. Pemerintah perlu memberikan bantuan yang nyata agar daya beli rakyat dapat ditingkatkan kembali dan mereka bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

6. Kebakaran hutan dan asap yang ditimbulkan telah menaikkan derajat CO2 yang besar di bumi Indonesia serta memberikan dampak buruk kepada kesehatan masyarakat dan warga negara tetangga. 

Upaya mengatasi kebakaran hutan dan asap ini harus menjadi prioritas, dan perlu ditingkatkan intensitas dan efektifitas penanganannya. 

7. Dalam upaya menegakkan kedaulatan dan sistem nasional, karena komunikasi dan penanganannya yang tidak rapi, telah terjadi gangguan hubungan baik Indonesia dengan sejumlah negara sahabat. 

Ke depan perlu dilakukan perbaikan hubungan yang terganggu ini, seraya memperbaiki cara-cara kita berdiplomasi dan menjalin hubungan dengan negara negara sahabat. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya