Menteri Luhut: Politik Indonesia Makin Matang

Luhut Pastikan Keadaan WNI yang Disandera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan, menyelenggarakan silaturahmi dengan pimpinan partai politik dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak 2015, di Hotel Borobudur, Jakarta.

Luhut membeberkan berbagai hal, terkait kondisi keamanan dan masalah demokrasi berpolitik termasuk soal ekonomi dan capaian-capaian pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Terkait kedewasaan berpolitik, Luhut mengatakan untuk saat ini indeksnya meningkat. Artinya, masyarakat Indonesia makin dewasa dalam berpolitik.

"Kedewasaan politik Indonesia makin matang. Indeks demokrasi Indonesia dari semula 63,72 persen pada 2013 menjadi 73,04 pada 2014. Terdapat kenaikan 9,32 poin," kata Luhut, Jumat 16 Oktober 2015.

Luhut mengaku bersyukur, bahwa ada peningkatan ini. Baginya, ini langkah positif bagi perkembangan demokrasi Indonesia ke depannya.

Tantangan berikutnya bagi kedewasaan berdemokrasi, menurut Luhut adalah Pilkada Serentak tahap pertama 2015 ini. Yang rencananya akan dilakukan pada 9 Desember.

"Ini menurut saya suatu data yang bagus. Kita buktikan lagi dengan Pilkada Serentak ini," katanya.

Hadir sejumlah ketum partai politik seperti Aburizal Bakrie dari Golkar, Ahmad Muzani Sekjen Gerindra, Taufik Basari Ketua NasDem, Hasto Kristianto Sekjen PDIP, Dimyati Natakusuma Sekjen PPP, Abdul Kadir Karding Sekjen PKB.

Termasuk pimpinan lembaga seperti Ketua KPU Husni Kamil Manik, Ketua DKPP Jimly Ashhidiqly, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Jaksa Agung H.M.Prasetyo.

Usai Diusung Parpol, Posisi Tawar Ahok Melemah
Menko Polhukam Luhut Pandjaitan

Menko Luhut Berencana Kunjungi Reklamasi Pulau G

Pulau G sempat disetop pembangunannya di era Menko Rizal Ramli.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016