POLITIK

Kasus Impor Gula Putih

Mantan Direktur RNI Hadapi Vonis

Sebelumnya, jaksa menuntut Ranendra selama empat tahun penjara.

ddd
Senin, 22 Juni 2009, 10:13
Penahanan mantan Direktur Keuangan PT.RNI Ranendra Dangin.
Penahanan mantan Direktur Keuangan PT.RNI Ranendra Dangin. (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Mantan Direktur Keuangan PT Rajawali Nusantara Indonesia Ranendra Dangin akan divonis hari ini. Ranendra adalah terdakwa dalam kasus dugaan korupsi penyelewenangan dana operasional impor gula putih antara PT RNI dan Bulog.

Sidang pembacaan putusan ini akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin 22 Juni 2009. Sebelumnya, jaksa menuntut Ranendra selama empat tahun penjara.

Ia dituduh telah menggelapkan uang perusahaan senilai Rp 4,6 miliar. Jaksa Zet juga meminta majelis menjatuhi hukuman denda senilai Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Adapun uang pengganti yang dituntut Jaksa adalah Rp 179 juta. "Jika terdakwa tidak dapat membayar maka dikenai hukuman selama 1 tahun kurungan," kata dia. Uang tersebut merupakan kerugian negara senilai Rp 4,6 miliar dikurangi pengembalian senilai Rp 4,4 miliar. Zet menjerat dia dengan dakwaan subsider yaitu pasal 8 Undang- undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam pemeriksaan terdakwa, Ranendra mengaku telah membagi- bagikan dana operasional itu sebagai bonus kepada direksi. Ia menyatakan pembagian tersebut merupakan atas perintah Direktur Utama ketika itu Rama Prihananda.

Ia menjelaskan bonus tersebut diambil dari uang distribusi KSO senilai Rp 974 juta. Pun ia menyebutkan Rama mendapat Rp 300 juta. Sementara direksi lainnya masing-masing mendapat Rp 250 juta.

Hal yang sama ia lakukan lagi pada dana cadangan pajak dan dokumen pajak cacat senilai Rp 3,4 miliar. Dari jumlah uang yang diambilnya, Ranendra diuntungkan sejumlah Rp 3,8 miliar. Sisanya dibagi-bagikan kepada 5 orang lainnya dengan nilai antara Rp 100 juta sampai Rp 225 juta.

arry.anggadha@vivanews.com



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog