Komisi IV Surati Presiden Soal Penyelesaian Kabut Asap

Kabut asap di Payakumbuh, Sumatera Barat.
Sumber :
  • Warga Payakumbuh, Eka.
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Melihat belum ada keseriusan dari pemerintah, DPR RI dalam hal ini Komisi IV akan menyurati Presiden siang ini.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Ketua Komisi IV Edhy Prabowo mengatakan bahwa penanganan cepat dan serius untuk penanganan kabut asap belum juga terlihat.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Menurut Edhy sudah tiga bulan kabut asap, selama itu masyarakat, anak-anak mengalami krisis di Sumatera dan Kalimantan.


“Tiga bulan tanpa udara sehat, tanpa penerangan juga tanpa sekolah. Kita saja di ruangan ini sehari dipenuhi asap mungkin udah gak betah. Karena itu siang ini kita surati Presiden melalui ketua DPR agar turun langsung mengumpulkan pimpinan daerah setempat,” ujar Edhy.


Ia juga menjelaskan perlunya penambahan dana untuk penanganan kabut asap ini. Sejatinya pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB).


“Saya heran Presiden berkunjung, namun untuk penyelesaian ini juga tidak ada, kami sepakat kalau masalah kabut asap ini sebagai bencana nasional,” tutur Edhy di Senayan, Rabu 7 Oktober 2015.


Ia menilai bahwa tidak sedikit dampak yang ditimbulkan dari kasus ini. Persoalan tidak sekolah, tidak bisa mencari nafkah, juga tidak bisa bernapas.


“Kenapa anggaran untuk kementerian Kehutanan justru turun disaat anggaran lembaga lain naik. Belum lagi pengaruh hubungan bilateral kita dengan negara lain,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya