DPR Sambut Positif Usulan Kenaikan Anggaran BNPB

Kebakaran hutan dan lahan Indonesia pada 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq menyambut positif permintaan penambahan anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekitar Rp750 miliar. Dia menilai peran BNPB sangat menonjol dalam penanganan beberapa bencana, sehingga anggarannya perlu dinaikkan. 

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
Ditemui di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2015, Maman bahkan menilai BNPB seharusnya juga memiliki posisi yang setingkat dengan kementerian.

Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi
"Harusnya, jadi kementerian, tetapi fokusnya pengurusan tentang bencana. Karena bencana bukan hanya reaktif tapi harus proaktif. Negara kita itu negara bencana, maka harus bersahabat dengan bencana," kata Maman.

Dia menilai, kebutuhan untuk menaikkan anggaran itu cukup mendesak. Karena salah satu bencana yang ditangani yakni bencana asap, sudah dikecam oleh dunia internasional.

"Wajar, sebenarnya soal kebakaran ini kita sudah dikecam dunia internasional. Malaysia dan Singapura, salah satu induk olahraga renang negara lain, jadi menurut saya ini harus (ditindaklanjuti) serius," ujar Maman.

Namun, Maman mempertanyakan mengapa permintaan penambahan itu baru dilakukan BNPB sekarang. Kesannya, kata Maman, permasalahan bencana disikapi secara reaktif.

"Ini kan masalah tahunan, kenapa minta dananya baru sekarang? Kenapa tidak proaktif dari awal bencana? Seharusnya kan enggak perlu tunggu reaksi negara lain," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya