Ruhut Minta KPK Berani Periksa Surya Paloh

Ulang Tahun Nasdem Dihadiri Sejumlah Tokoh Politik dari Koalisi KIH
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, dalam kasus suap Hakim dan Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Kasus itu menjerat Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dan pengacara senior sekaligus mantan petinggi Nasdem, OC Kaligis.

Ahok Pantas 'Serang' Oknum BPK, ujar Ruhut

Anggota Komisi III DPR RI, Ruhut Sitompul, meminta KPK untuk berani memeriksa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, agar tidak terkesan tebang pilih. Karena Surya Paloh diduga mengetahui peristiwa tersebut.

"Kita minta jangan tebang pilih dalam memeriksa (Surya Paloh) ini," kata Ruhut ketika ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2015.

Eks Anak Buah OC Kaligis Dituntut 3 Tahun Penjara

Begitu juga dengan Kejaksaan Agung yang menangani kasus korupsi Dana Bantuan Sosial Provinsi Sumatera Utara. Karena penanganan kasus dana bansos oleh Kejaksaan ini memiliki kaitan erat dengan suap Hakim dan Panitera PTUN Medan.

Ruhut pun meminta Jaksa Agung HM Prasetyo berani untuk menuntaskan kasus tersebut sampai selesai. Sekalipun HM Prasetyo juga berasal dari Partai Nasdem.

Terbukti Terima Suap, Hakim PTUN Medan Divonis 2 Tahun

"Kita apapun itu ingin setiap kasus diusut secara tuntas. Kita minta Jaksa Agung jangan tebang pilih," ujar Ruhut, yang juga politikus Partai Demokrat.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Nasdem di DPR, Victor Laiskodat, mengatakan jika di kemudian hari Patrice Rio terbukti bersalah dalam perkara itu, dia bisa diberi sanksi tegas. Namun, jika tidak, Nasdem akan memberikan perlindungan.

"Kalau pun di kemudian hari terbukti, akan kami sanksi tegas, pemecatan. Tapi kalau tidak, akan kami beri perlindungan," ujar Victor .

KPK sendiri tengah mendalami mengenai adanya sejumlah pertemuan antara Gatot Pujo dengan sejumlah petinggi Partai NasDem. Pertemuan itu diduga kuat masih terkait dengan adanya upaya pengamanan penyelidikan Kejaksaan atas perkara korupsi Bantuan Sosial.

Sejumlah pihak disebut-sebut menghadiri pertemuan tersebut, termasuk di antaranya Ketua Umum NasDem, Surya Paloh; Sekjen NasDem, Patrice Rio Capella; Ketua DPW NasDem Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi serta OC Kaligis, yang merupakan Ketua Mahkamah Partai NasDem ketika itu.

Penyidik KPK telah meminta keterangan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella sebagai saksi kasus suap yang menjerat sejumlah hakim dan seorang panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya