Kronologi Bergabungnya PAN ke Pemerintah Versi Amien Rais

Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri

VIVA.co.id - Bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke pemerintah cukup mengejutkan jagat politik Tanah Air. PAN selama ini berada di luar pemerintahan, tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) bersama Partai Gerindra, PPP, PKS, dan Partai Golkar.

Amien Rais: Jokowi, Ada Menteri yang Terlalu Berkuasa

Kabar hengkangnya PAN dari KMP sudah diketahui Ketua Dewan Pertimbangan PAN, Amien Rais. Sebagai tokoh sentral, Amien mengaku diberitahu bahwa PAN akan bergabung dengan pemerintah.

"Saya diberitahu PAN akan bergabung dengan pemerintah pada 1 September 2015," kata Amien Rais, Kamis 3 September 2015.

Amien yang juga tokoh sentral PAN mengatakan, rencana bergabungnya PAN ke pemerintah sebelumnya dia terima dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, yang tak tak lain besannya sendiri.

"Saya bertemu dengan Pak Zul saat acara ulang tahun. Di acara itu teman-teman bicara ingin bertemu dengan Pak Jokowi,"ucapnya.

Dalam pertemuan itu, Amien memberikan wejangan kepada ketua umum, agar koalisi dengan pemerintah ini jangan hanya jangka pendek. Namun, bergabungnya PAN adalah titik awal koalisi besar nasional.

Gagasan mantan Ketua MPR itu sempat dipertanyakan, terutama terkait masa depan demokrasi di Indonesia, jika semua partai merapat ke pemerintah. "Saya agak tahu demokrasi. Jika keadaan kritis, menoleh bangsa lain, kita perlukan saat ini kekuatan bersama," ujar Amien.

Nazar Amien Rais Jika Terbukti Jadi Komisaris Freeport

"Pak Jokowi itu tidak sehebat Bung Karno, apalagi menangnya dengan Pak Prabowo tipis," katanya.

Dengan fakta bahwa ancaman krisis global ini akan terjadi, maka yang diperlukan Indonesia adalah bersatunya kepentingan politik dan ekonomi. Karena secara objektif, Jokowi tak akan mampu menanganinya sendirian.

Amien Rais Desak DPR Bentuk Pansus Freeport

"Saya pikir tidak salah jika PAN bergabung ke pemerintah jika ada kepentingan yang lebih luas. Namun jika tidak maka tidak perlu malu keluar dari pemerintah," tegas Amien.

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.

Wasekjen PKB Tuding PAN Ambisius Masuk Kabinet

"PAN belum masuk kabinet sudah gaduh," kata Daniel.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2016