Ketua Umum PAN Gagal Temui Elite KMP

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki
VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkiefli Hasan, dikabarkan ingin menemui para petinggi partai politik dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Dia telah menghubungi Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, pada Rabu malam, 2 September 2015.
PAN Minta Warga Surabaya Rela Lepas Risma ke DKI

"Semalam, Pak Zulkiefli Hasan menelepon Pak Aburizal Bakrie untuk meminta waktu bertemu dengan ketua-ketua KMP. Kemudian karena semua ketua KMP sibuk, jadwal untuk bertemu belum terjadi," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, di kompleks Parlemen di Jakarta pada Kamis, 3 September 2015.
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Muzani menjelaskan dalam rapat dan pertemuan terakhir pada petinggi KMP, PAN masih menunjukkan komitmennya terhadap KMP. Tidak ada gelagat PAN akan meninggalkan KMP.
Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

Ketika PAN memutuskan mendukung Pemerintah, KMP tidak mempermasalahkan. "Tentu saja kami hargai, walaupun mendadak kami mendengarnya. Kalau PAN berpikiran lain, KMP menghargai itu," kata Muzani.

Anggota Komisi I DPR RI ini memastikan kepindahan PAN tidak akan memengaruhi sikap KMP di Parlemen.

"Kekuatan KMP yang besar di DPR sampai sekarang digunakan untuk memberikan persetujuan atas apa yang diinginkan Jokowi. Karena menurut pendapat KMP baik, untuk menciptakan suasana pemerintahan yang baik dan efektif," katanya.

Muzani menjamin KMP tetap solid meski ditinggalkan PAN. Muzani menegaskan, partai yang tergabung dalam KMP dari awal adalah partai-partai yang memiliki kesadaran untuk tetap menjaga pemerintahan agar efektif dan berbagi peran.

Ada peran yang dijalankan partai-partai di luar maupun di dalam. "Kesadaran yang di dalam bagaimana mengefektifkan pemerintahan, kesadaran kita yang di luar (KMP) bagaimana mengontrol jalannya kekuasaan. Kesadaran ini bersifat sukarela. Komitmennya adalah komitmen perjuangan, tugas mulia kami," ujar Muzani. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya