Ketua Umum PAN Ogah Bicara tentang KMP

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :
VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkiefli Hasan, ogah membicarakan seputar Koalisi Merah Putih (KMP) setelah partai itu mengumumkan diri bergabung dan mendukung pemeritahan Presiden Joko Widodo.
PAN Minta Warga Surabaya Rela Lepas Risma ke DKI

Zulkiefli mula-mula melayani pertanyaan wartawan tentang posisi PAN sebagai partai politik pendukung Pemerintah. Namun dia mengakui bahwa langkah politik itu belum dikomunikasikan dengan pimpinan di Koalisi Merah Putih (KMP).
Pesta Narkoba, Politikus PAN Ditangkap BNN

Dia hanya berjanji akan menyampaikan perihal itu kepada para petinggi KMP dalam waktu dekat. "Waktu dekat kami sampaikan (kepada KMP)," katanya dalam konferensi pers bersama dengan Presiden dan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2015.
PAN Jajaki Koalisi dengan PDIP di Pilkada Yogyakarta

Zulkiefli berupaya menyudahi tanya-jawab dengan wartawan meski kalangan media merasa belum selesai. "Sementara cukup yang saya sampaikan tadi dulu," katanya.

Tetapi sejumlah wartawan terus mencecar dengan pertanyaan tentang alasan konferensi pers di Istana dan berbicara dengan Presiden. Seharusnya pembicaraan seputar itu bisa dengan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP sekaligus pemimpin Koalisi Indonesia Hebat.

Zulkiefli hanya menjawab normatif bahwa tak tepat lagi mengelompokkan kekuatan partai politik berdasarkan KMP atau KIH. Katanya, ada persoalan yang lebih mendesak untuk diselesaikan, yakni perekonomian global yang memengaruhi perekonomian nasional. Semua pihak, termasuk partai politik, begitu juga PAN, harus bertanggung jawab untuk membantu Pemerintah mengatasi ancaman krisis ekonomi itu.

"Tidak tepat lagi kalau kita masih kotak-kotak. Situasi ekonomi kita sudah begini. Kita harus beri sinyal kuat pada pelaku usaha, investor, kepada rakyat bahwa kita kompak. Apa pun yang dihadapi, kita bersama-sama," katanya.

Para wartawan belum selesai jawaban itu. Mereka kemudian menyoal seolah PAN tak dapat membantu Pemerintah kalau berada di KMP. Zulkiefli menjawab normatif lagi: "Tidak tepat lagi mengkotak-kotakkan."

Para pekerja pers yang sehari-sehari bertugas di Istana itu menanyakan sikap Amien Rais tentang langkah PAN yang keluar dari KMP. Zulkiefli menolak menjawab. "Sementara ini dulu, jangan semua diborong."

Pertanyaan pamungkas seputar KMP dan KIH pun tak dijawab oleh Zulkiefli. Dia mengulangi kalimat sebelumnya: "Sementara ini dulu." Dia menganjurkan wartawan menghubunginya lagi nanti kalau masih akan bertanya. "Nanti kamu kontak saya, sore," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya