PDIP: Apa Budi Waseso Dicopot Terkait RJ Lino?

Kepala BNN, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ketua DPP PDI Perjuangan, Trimedia Panjaitan, telah mendengar kabar soal pencopotan Komjen (Pol) Budi Waseso dari jabatan Kepala Badan Reserse Krimial (Bareskrim) Mabes Polri. Trimedia mempertanyakan alasan Budi Waseso diganti, apalagi beredar kabar karena dianggap mengganggu pertumbuhan ekonomi.

PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
"Kita dapat informasi akan diganti. Jadi kita ingin tahu alasannya apa? Karena kalau alasannya menyangkut kinerja, Buwas (Budi Waseso) cukup baik," katanya saat dihubungi, Rabu 2 September 2015.

Saingi Ahok, Pendukung Budi Waseso Mulai Dekati PDIP
Menurutnya harus ada penjelasan mengenai alasan bahwa Buwas dianggap mengganggu stabilitas ekonomi atau terkait kasus apa Buwas harus diganti.

Puluhan Warga Dukung Buwas Maju di Pilkada Jakarta
"Itu yang harus dijelaskan menghambat ekonomi seperti apa? Apa ada kaitan RJ Lino? Kalau ada pidana masa distop. Masa dibiarkan? jadi salah besar kalau mencopot karena alasan menghambat ekonomi. Kita sayangkan kalau pencopotan berdasarkan itu," katanya.

Trimedia menambahkan selama ini fraksi PDIP sepakat mengawal gerakan yang di lakukan Buwas. Agar semua kasus yang ditangani bisa tuntas. Dia justru khawatir, pengganti Buwas tidak mempunyai kemampuan yang sama. Karena menurutnya, belum ada orang sekaliber Buwas di Bareskrim.

"Saya yakin Kapolri tidak ingin dia diganti. Gebrakannya enggak kalah dengan KPK, tinggal kawal implementasinya, jadi enggak gebrak-gebrak doang," katanya. 

Trimedia menambahkan pergantian, Budi Waseseo yang terkesan mendadak membuat situasi tidak kondusif saat Polri mencoba terus bekerja lebih baik. Bahkan ia mencurigai ada intervensi politik di balik pencopotan Buwas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya