Lindungi Konsumen dari Jeratan Kartel

Anggota Komisi VI DPR Eka Sastra
Sumber :
VIVA.co.id
Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi
- Banyak permasalahan di Indonesia yang sebenarnya disebabkan oleh praktik kartel. Bahkan hampir setiap komoditas seperti garam, bawang, cabai, daging sapi, ayam, termasuk produk otomotif memiliki kartelnya masing- masing.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir

Demikian pandangan yang diungkapkan oleh Anggota Komisi VI DPR Eka Sastra saat menghadiri acara Dialektika Demokrasi di Press Room Gedung Nusantara III, Selasa 1 September 2015.
Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya


"Kartel termasuk dalam bahasan revisi UU Persaingan Usaha Tidak Sehat karena ini merupakan salah satu jantung persoalan yang menyebabkan banyak masalah di Indonesia,” ujar Eka.


Menurut Eka, Kartel dapat memainkan harga di pasar karena mereka memiliki kekuatan politik dan ekonomi. Dampaknya, konsumen harus membeli produk dengan harga yang lebih mahal dari seharusnya.


Menurut Eka, kartel menciptakan kondisi struktur pasar yang oligarkis dimana hanya ada beberapa pihak yang berkuasa, sehingga konsumen dipaksa membayar dengan harga yang tidak sewajarnya. “Saya cek harga daging sapi di pasar internasional pagi ini hanya Rp40.000/kg, mengapa di Indonesia bisa mencapai Rp110.000 - Rp120.000/kg,” kata Eka.


Oleh karena itu, Eka mengatakan bahwa yang menjadi prioritas Komisi VI saat ini adalah melakukan pembahasan mengenai UU anti monopoli dan UU BUMN untuk melindungi konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya