Pagelaran Wayang DPR, Bentuk Apresiasi terhadap Seni Bangsa

Pagelaran Wayang di DPR
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Ada pemandangan berbeda di lapangan bola komplek DPR malam ini (29/08/2015). Sekerumunan warga tampak antusias memadati area ini untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan oleh DPR.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Pagelaran wayang yang menghadirkan dalang Ki Enthus Sasmono ini, merupakan penutup rangkaian Pesta Rakyat yang diadakan oleh DPR dalam rangka memeriahkan HUT RI dan HUT DPR RI ke-70
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Acara diawali dengan lagu pembukaan yang dipersembahkan oleh jajaran karyawan Sekertariat Jenderal DPR RI.


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto. Dalam sambutannya, Ia menyambut baik dan menghargai upaya Setjen DPR ditengah kesibukannya untuk masih dapat melaksanakan kegiatan yang menjadi tradisi di DPR yaitu pagelaran wayang kulit semalam suntuk.


Agus mengatakan bahwa disamping untuk memperingati HUT DPR RI, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian DPR dalam memelihara, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa ditengah serbuan budaya asing yang masuk.


"Kesenian sebagai salah satu bentuk kebudayaan hanya dapat tumbuh dan lestari apabila kita semua, lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, dan masyarakat turut aktif menghidupi kesenian ini", ungkap Agus.


Menurutnya, wayang kulit ini merupakan bentuk kesinian yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan karena memiliki nilai pendidikan, moral, sekaligus menghibur.


"Wayang yang tersebar di seluruh nusantara merupakan hasil mahakarya para leluhur yang menceeminkan tingginya nilai filosofis hidup bangsa kita", ujar Agus.


Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat dapat menikmati dan mengambil pelajaran dari pagelaran malam ini yang mengambil tema 'Semar Pepeling'.


"Tema ini menggambarkan tekad kita bersama untuk senantiasa melakukan introspeksi dan koreksi diri serta menjaga komitmen dalam melestarikan nilai-nilai bangsa", kata Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya