Makna 70 Tahun Eksistensi DPR RI

Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- DPR hari ini Kamis 28 Agustus 2015 menyelenggarakan rapat Paripurna dalam rangka menyambut HUT DPR ke-70. Selain itu, DPR juga akan menyampaikan laporan kinerja lembaganya selama tahun sidang 2014-2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Dalam pembukaan pidatonya, Setya Novanto mengajak para anggota DPR untuk mengingat kembali perjalanan sejarah parlemen sejak kelahirannya pada tahun 1945.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


"Pada masa awal kemerdekaan di tahun 1945-1950, KNIP menjadi awal pembentukan DPR. Seiring dengan perjalanan waktu dan pemerintahan, DPR tumbuh semakin demokratis," ungkap Novanto.


Menurutnya DPR sekarang ini (periode 2014-2015) mengalami proses demokratisasi yang semakin berkembang. "Keterbukaan dan kebebasan berpendapat memungkinkan masyarakat menyampaikan kritik secara terbuka. Akses informasi pun semakin luas masyarakat bisa dimana pun dan kapan pun mengakses berita mengenai DPR", ujar Novanto.


Pada peringatan ini, DPR juga menyampaikan laporan kinerja tahun pertamanya yang berisi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan sejak dilantik 1/10/2014 sampai dengan 13/08/2015.


"Pada awal pelaksanaan tugasnya, DPR membentuk fraksi-fraksi dan alat kelengkapan dewan. Tahap berikutnya adalah menyiapkan berbagai program yang terkait fungsi dan tugasnya masing-masing", kata Novanto.


Tak lupa, salah satu hal yang sedang menjadi perhatian DPR sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan fungsi diplomasi parlemen melalui forum-forum antarparlemen seperti AIPA, APA, APPF, dan IPU.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya