Daftar Pasangan Calon Pilkada Serentak 2015 Tingkat Provinsi

Dimas-Babai, calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Kandidat yang akan berlaga dalam Pilkada serentak 2015 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Ada 261 daerah yang menggelar hajatan pesta demokrasi itu. Sembilan provinsi, 219 kabupaten, dan 33 kota. KPU telah menetapkan 20 pasangan calon Pilkada serentak tingkat porvinsi memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan berikutnya. Penetapan telah dilakukan KPU pada 24 Agustus 2015. Mulai hari ini, 27 Agustus, mereka mulai kampanye.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


Siapa saja mereka? Berikut ini adalah para kandidat yang akan bertarung di tingkat provinsi sebagaimana VIVA.co.id kutip dari laman resmi KPU.

1. Provinsi Bengkulu

Ada dua pasangan calon yang bakal memperebutkan kursi kepala daerah. Sultan B Najamudin yang berpasangan dengan Mujiono diusung oleh Koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Demokrat berhadapan dengan Ridwan Mukti - Rohidin Mersyah yang diusung Partai Nasdem, PKPI, Hanura, dan PKB.

2. Provinsi Jambi


Di Jambi hanya ada dua pasangan calon. Bupati Tanjung Jabung Timur, Zumi Zola, maju sebagai calon gubernur. Dia berpasangan dengan incumbent wakil gubernur, yakni Fachrori Umar. Pasangan ini diusung Partai Nasdem, PKB, PAN, dan Hanura.


Gubernur incumbent, Hasan Basri Agus, kembali maju guna mempertahankan jabatannya untuk periode kedua. Setelah pecah kongsi dengan wakil gubernur, kini dia menggandeng Edi Purwanto sebagai pasangannya. Mereka diusung PDIP, PKS, dan Partai Gerindra.


3. Provinsi Kalimantan Selatan


Tiga pasangan calon yang berlaga di provinsi ini. Dua diusung koalisi partai politik, satu pasangan calon berangkat dari perseorangan.


Wali Kota Banjarmasin, Muhidin, maju sebagai calon gubernur dari perseorangan berpasangan dengan Anggota DPD RI Farid Hasan Aman, sebagai calon wakil gubernur. 


Koalisi PDIP, Gerindra, PKS, PAN, dan Hanura mengajukan pasangan calon Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan. Berikutnya, Anggota DPR RI Zairullah Azhar berpasangan dengan Muhammad Syafii berangkat dari koalisi PKB, Nasdem, dan Partai Demokrat.




4. Provinsi Kalimantan Tengah


Ada tiga pasangan calon di provinsi ini. Dua diusung koalisi partai politik dan satu pasangan calon diusung hanya oleh satu partai, yaitu PDIP.


PDIP mantap mengusung sendirian pasangan Willy Midel Yoseph, Anggota DPR RI, dengan Wahyudi K Anwar. Pasangan berikutnya diusung koalisi Partai Nasdem, Hanura, PKPI, dan PPP. Mereka adalah, Ujang Iskandar dan Jawawi.


Berikutnya, Sugianto Sabran dan Habib H Said yang diusung koalisi PAN, Gerindra, PKB, dan Demokrat.


5. Provinsi Kalimantan Utara


Ini merupakan provinsi termuda di Republik Indonesia. Praktis, tidak ada incumbent yang maju. Di daerah ini hanya ada dua pasangan calon yang bertarung.


Irianto Lambrie - Udin hianggio diusung PDIP, PKS, Demokrat, Partai Bulan Bintang, dan PAN. Adapun lawannya, Jusuf Serang Kasim - Marthin Billa diusung oleh Hanura, Nasdem, PKB, dan PKPI.


6. Provinsi Kepulauan Riau


Di sini, petahana gubernur dan wakil gubernur pecah kongsi. Mereka kembali maju, tapi tidak lagi bersama.


Gubernur Muhammad Sani menggandeng Nurdin Basirun. Mereka diusung Partai Demokrat, Nasdem, PKB, Gerindra, dan PPP.


Adapun Wakil Gubernur Soerya Respationo menggandeng Ansar Ahmad. Mereka mendapatkan tiket pencalonan dari PKS, Hanura, PAN, dan PDIP.




7. Provinsi Sulawesi Tengah


Incumbent kembali maju di provinsi ini. Longki Djanggola kembali berpasangan dengan Sudarto sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Partai yang mengusungnya adalah Gerindra, PAN, PKB, PBB.


Wali Kota Palu Rusdi Mastura yang berpasangan dengan Ihwan Datu Adam maju sebagai penantang inkumben. Pasangan calon ini diusung oleh Partai Golkar, Hanura, dan PKPI.


8. Provinsi Sulawesi Utara


Anggota DPR Olly Dondokambey berpasangan dengan Steven OE Kandouw sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.


Artis Maya Rumantir yang kini duduk sebagai anggota DPD tampil sebagai penantang. Maya Rumantir berpasangan dengan Glenny Kairupan. Mereka diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Demokrat.


9. Provinsi Sumatera Barat


Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat justru berhadap-hadapan dalam Pilkada serentak 2015. Irwan Prayitno yang diusung PKS dan Gerindra kini menggandeng Nasrul Abit.


Adapun Muslim Kasim yang telah satu periode berdampingan dengan Irwan menggandeng mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar. Mereka diusung koalisi Partai Nasdem, PAN, PDIP, dan Hanura.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya