Kartu 'Sakti' Bikin Puan Maharani Kokoh Jadi Menko

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ D. A. Pitaloka

VIVA.co.id - Puan Maharani satu-satunya Menteri Koordinator di Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla yang tidak terkena imbas perombakan kabinet.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

Tiga menko kolega Puan dirombak Jokowi, yakni Menko Politik Hukum dan Keamanan, Menko Perekonomian dan Menko Kemaritimian. Adapun sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, menepis bertahannya putri Megawati Soekarnoputri itu sebagai simbol PDIP di pemerintahan Jokowi. Menurut dia, Presiden Jokowi memiliki alasan mempertahankan Puan sebagai Menko PMK.

"Mbak Puan tidak diganti karena pada semester I Kabinet Kerja ini, program riil yang dihasilkan oleh kementerian-kementerian yang ada di bawah Puan paling kelihatan," kata Hendrawan di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 13 Agustus 2015.

Hendrawan menuturkan, salah satu program riil tepat sasaran yang dikoordinir Puan Maharani adalah program Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan revitalisasi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Keseluruhan program andalan Jokowi itu, lanjut Hendrawan, mampu dikoordinasikan Puan dengan kementerian di bawahnya. Hendrawan mengklaim, secara objektif pemerintahan Jokowi menganggap Puan berhasil.

Selain itu, Puan memiliki modal sosial yang tinggi, karena Puan adalah simbol dukungan dari partai yang mengusung Jokowi sebagai Presiden. "Iya lah. Modal sosial ini yang besar. Itu kita tak bisa menutup mata," ujar Hendrawan.

Puan Maharani juga dinilai mempunyai rekam jejak dan karier politik yang baik. Pernah menjadi anggota DPR RI dan Ketua Fraksi PDIP. Puan pun dinilainya mempunyai komunikasi politik yang baik dengan Presiden dan DPR dalam menjalankan program pemerintah.

"Dengan tiga alasan itu, Mbak Puan sangat memadai di posisi itu," katanya. [Baca ] (ase)

Saleh Husin

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Tugas besar tim ekonomi baru adalah mengurangi impor untuk produksi.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016