Andrinof Minta Sofyan Djalil 'Bergerak Cepat'

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Andrinof Chaniago menyampaikan harapannya kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang baru, Sofyan Djalil.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

Selain memaparkan rencana-rencananya, ia juga meminta penggantinya itu bergerak cepat.

Pada masa Andrinof, Bappenas memang telah merumuskan beberapa kebijakan nasional baik di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional maupun Rencana Kerja Pemerintah dengan pendekatan melalui lima sektor unggulan yang disinergikan dengan target pembangunan manusia dan pembangunan antar wilayah.
Begini Respons Negara Islam Terkait Sri Mulyani

Menurut Andrinof, kelima sektor unggulan itu di antaranya adalah sektor pangan, sektor energi, sektor kemaritiman, sektor industri, dan sektor pariwisata.

"Kita sudah mulai lakukan pembinaan ke Bappeda di daerah. Terutama, yang sudah siap kita poles. Ada 34 Bappeda provinsi. Jalan masih panjang," kata Adrinof, saat serah terima jabatan (sertijab) di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu sore 12 Agustus 2015.

Dengan ini, dia berharap, hasil dari beberapa lembaga perencanaan tersebut mampu menjadi pertimbangan dalam penyusunan dan pembahasan di sidang kabinet. Salah satu program khusus Bappenas di daerah adalah dengan menata Kota Pontianak.

Bappenas akan menjadi pembina bagi Bappeda. Karena itu, Adrinof mengaku siap membantu Sofyan meskipun tidak diminta.

Aroma Politik dan Harapan Rakyat

"Semoga ini jadi momentum akselerasi kota Pontianak berbasis sungai yang bisa menyaingi Bangkok dan Shanghai. Saya ingin bantu pak Menteri. Kalau tidak dibantu pun, saya akan bantu. Gimana diminta," ungkap dia. (asp)

Saleh Husin

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Tugas besar tim ekonomi baru adalah mengurangi impor untuk produksi.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016