Sohibul Iman: Di PKS Ada Demokrasi

Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Mohamad Sohibul Iman.
Sumber :
  • Fraksi PKS
VIVA.co.id
Profil Ledia Hanifa Amaliah, Pengganti Fahri Hamzah
- Presiden Partai Keadilan Sejahtera Mohamad Sohibul Iman membantah anggapan tidak ada demokrasi dalam suksesi di tubuh partai itu. Pemilihan pucuk pimpinan dalam Musyawarah Majelis Syuro sebenarnya sudah melewati proses panjang.

Pengunduran Diri Sekjen PKS Dibahas di Rapat Majelis Syuro

"Karena di PKS ada demokrasi. Saat pemilihan Majelis Syuro. Kemudian ada permufaatan Majelis Syuro," kata Sohibul Iman saat ditemudi di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Selasa 11 Agustus 2015.
PKS Dorong DPR-KPK Selesaikan Pro Kontra Penggeledahan


Mantan Rektor Universitas Paramadina itu kemudian menjelaskan bagaimana proses demokrasi berlangsung di PKS. Pemilihan pucuk pimpinan itu dilakukan oleh 69 anggota Majelis Syuro yang sebelumnya dipilih oleh kader inti partai.


"Anggota Majelis Syuro ini anggotanya per wilayah ada 69, tapi yang hadir 67," ujarnya.


Dari 67 yang hadir itu ada 29 yang memenuhi persyaratan menjadi Ketua Majelis Syuro. Dari 29 orang itu kemudian dipilih tiga besar.


"Dari situ muncul nama Doktor Salim, Hidayat Nurwahid, dan Ustad Hilmi," ujarnya.


Menurut Sohibul Iman, perolehan suara terbesar diraih Salim Segaf disusul Hilmi Aminudin, kemudian Hidayat Nurwahid di posisi ketiga.


"Dari tiga itu ada dua kemungkinan, musyawarah mufakat atau voting, ternyata mereka bertiga sepakat musyawarah mufakat. Kesimpulannya bermufakat agar Doktor Salim jadi Ketua Majelis Syuro."


Lantas, kenapa suksesi PKS dilakukan mendadak? Menurut Sohibul Iman, sebenarnya prosesnya telah dimulai lama dan berhasil memilih anggota baru Majelis Syuro pada April lalu.


"PKS ini seharusnya pergantian kepemimpinan April lalu. Nah itu Ultah PKS. Nah ini kenapa dilakukan Agustus, itu karena kita punya hajat persiapan Pilkada. Begitu itu sudah selesai ya itu kami lakukan. Kalau itu tidak dilakukan sekarang ya kami akan semakin telat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya