File Not Found
POLITIK

Taufiq: Gus Dur Naga Hijau, Mega Naga Merah

Betapa dekatnya hubungan emosional antara Gus Dur dengan Megawati.
Kamis, 11 Juni 2009 | 17:46 WIB
Oleh : Ismoko Widjaya, Aries Setiawan
Taufiq: Gus Dur Naga Hijau, Mega Naga Merah
Muspimnas PKB : Gus Dur dan Taufik Kiemas (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - PDI Perjuangan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, memiliki kedekatan emosional. Kedekatan itulah yang membuat Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas, mendatangi acara PKB.

Taufiq Kiemas turut hadir bersama Gus Dur, Yenny Wahid, dan pimpinan PKB lainya dalam acara Musyawarah Pimpinan Nasional PKB, di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juni 2009.

Kedekatan antara PDI Perjuangan dengan PKB semakin erat saat Gus Dur menjabat sebagai Presiden, dan Megawati Soekarnoputri sebagai Wakil Presiden. "Dulu waktu sama Mega ibaratnya Mega itu naga merah, Gus Dur naga hijau. Jadi mesti ingat, naga hijau dan naga merah," kata Taufiq.

Itulah alasan utama Taufiq mengikuti acara PKB pimpinan Gus Dur ini. Setelah menjabat Presiden dan Wakil Presiden, hubungan keduanya pun masih terlihat dekat.

Terakhir, pada 13 April lalu, Megawati dan Taufiq Kiemas menjenguk Gus Dur yang sedang cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pertemuan Megawati dengan Gus Dur pada 13 April lalu itu merupakan komunikasi politik pertama sejak Pemilu Legislatif 9 April.

Dalam peta politik Pemilu 2009, Gus Dur sudah membawa pengikut setianya untuk tidak memilih PKB pimpinan Muhaimin Iskandar. Yenny Wahid bahkan menjadi juru kampanye Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra.

ismoko.widjaya@vivanews.com

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA