Relawan Jokowi Desak Dua Menteri Ini Segera Diganti

Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id -
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
Relawan Jokowi yang tergabung dalam Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, bertemu dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih dan Anggota, Sidarto Danusubroto.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

Dalam pertemuan itu, para relawan mendesak agar Presiden Jokowi segera melakukan perombakan atau
Begini Respons Negara Islam Terkait Sri Mulyani
reshuffle kabinet. Sektor ekonomi menjadi sorotan utama para relawan.


Ketua Umum Seknas Jokowi, Muhammad Yamin, mengatakan pihaknya menilai kinerja ekonomi Jokowi sangat buruk. Hal itu terlihat dari pendapat masyarakat dan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei.


"
Trust
-nya hanya pada Jokowi, kabinetnya tidak," kata Yamin, di kantor Wantimpres, Jakarta, Rabu 5 Agustus 2015.


Dia mengatakan, lemahnya sektor ekonomi dilihat dari tiga hal mendasar. Yakni kebijakan, orang-orang atau pelaku di dalamnya, dalam hal ini menteri terkait, dan program-programnya.


Menurut Yamin, ketiganya itu tidak ada yang bisa diharapkan lagi, tidak sesuai dengan visi dan misi Jokowi, sehingga harus dilakukan
reshuffle
.


"Menko Perekonomian, Menteri BUMN harus lepas. Menteri Keuangan antara iya dan tidak. Ekonomi tidak berjalan. BUMN berjalan tidak baik,
dwelling time
berjalan tidak baik," ujar Yamin.


Di tempat yang sama, salah satu Ketua Seknas Jokowi, Hilmi Fauzi, mengakuĀ  membicarakan nama-nama yang pas untuk menggantikan Menko Sofyan Djalil.


Nama Rizal Ramli dan Darmin Nasution mencuat untuk menggantikan Sofyan Djalil. Tapi, kata Hilmi, kalau disuruh memilih antara Rizal dan Darmin, dia meminta Presiden Jokowi memilih Rizal Ramli.


"Seknas merasa perlu mendorong keberadaan seorang arsitek ekonomi yang juga memahami, selaras, sejalan dengan Nawacita. Selama ini (Rizal Ramli) terbukti ekonomi kerakyatan berbasis kemandirian nasional. Kami mendorong Rizal Ramli," ujar Sekretaris Megawati Institute itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya